Wednesday, August 27, 2008

Sekolah yang menjadi pelopor uks

Enam Ciri Utama

Enam ciri utama suatu sekolah untuk bisa menjadi sekolah yang mempromosikan/meningkatkan kesehatan, yaitu :

1. Melibatkan semua pihak yang berkaitan dengan masalah kesehatan sekolah, yaitu peserta didik, orang tua, dan para tokoh masyarakat maupun organisasi-organisasi di masyarakat.

2. Berusaha keras untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan aman, meliputi sanitasi dan air yang cukup, pekarangan sekolah yang aman, bebas dari segala macam bentuk kekerasan dan pengaruh negatif serta bebas dari penyalahgunaan zat-zat berbahaya. Di samping itu, sekolah harus membina suasana yang memedulikan pola asuh, rasa hormat, dan saling percaya. Agar pelaksanaannya berjalan dengan baik, semua ini harus mendapat dukungan dari masyarakat.

3. Memberikan pendidikan kesehatan sekolah, dengan cara membuat kurikulum yang mampu untuk meningkatkan sikap dan perilaku peserta didik yang positif terhadap kesehatan, serta dapat mengembangkan berbagai keterampilan hidup yang mendukung kesehatan fisik, mental dan sosial. Serta dengan memerhatikan pentingnya pendidikan dan pelatihan untuk guru maupun orang tua.

4. Memberikan akses (kesempatan) untuk dilaksanakannya pelayanan kesehatan di sekolah, yaitu dengan mengadakan penjaringan kesehatan bagi siswa baru, diagnosis dini, pemantauan dan perkembangan, imunisasi serta pengobatan sederhana. Agar pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan baik, sekolah perlu membina kerja sama dengan puskesmas setempat. Di samping itu, sekolah perlu membuat program-program makanan bergizi dengan memperhatikan keamanan makanan.

5. Menerapkan kebijakan-kebijakan dan upaya-upaya di sekolah untuk mempromosikan/ meningkatkan kesehatan, yaitu membuat kebijakan yang didukung oleh seluruh staf sekolah termasuk mewujudkan proses belajar mengajar yang dapat menciptakan lingkungan psikososial yang sehat bagi seluruh masyarakat sekolah. Dalam menerapkan kebijakan, pihak sekolah harus memberikan pelayanan yang adil untuk seluruh siswa. Termasuk membuat kebijakan dalam masalah penggunaan rokok, penyalahgunaan narkoba, alkohol, serta pencegahan segala bentuk kekerasan/ pelecehan.

6. Bekerja keras untuk ikut atau berperan serta meningkatkan kesehatan masyarakat, denganmemerhatikan adanya masalah kesehatan masyarakat yang terjadi, serta berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kesehatan masyarakat.

No comments: