Peningkatan Prestasi Belajar Himpunan Melalui Penggunaan Portal Rumah Belajar



Oleh: Rr. Martiningsih
Guru SMP Muhammadiyah 1 Surabaya, Jln. Kapasan 73-75 Surabaya,
Matematika dianggap sulit, maka guru harus mengupayakan kemudahan dalam belajar dengan mempergunakan media yang sesuai. Kemudahan belajar diberikan melalui kombinasi antara pembelajaran individual personal dengan pengalaman. Seorang guru harus mengenal sifat-sifat khas dari setiap media pembelajaran, yang penting untuk penguasaan setiap teknik penyajian, agar guru mampu mengetahui, memahami dan trampil menggunakannya, sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Bila seorang guru melakukan aktivitas, maka terjadi dua aktivitas yaitu aktivitas mengajar dan aktivitas belajar. Aktivitas mengajar menyangkut peranan seorang guru dalam konteks mengupayakan terciptanya jalinan komunikasi harmonis antara mengajar itu sendiri dengan pembelajar.
Atas dasar pemikiran ini, Ibu Martiningsih, guru SMP Muhammadiyah 1 Surabaya melakukan penelitian tentang bagaimana penerapan Portal Rumah Belajar sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika materi Himpunan dengan memilih obyek penelitian yaitu siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 tahun ajaran 2012 – 2013. Penggunaan Portal Rumah Belajar dianggap sesuai, karena salah satu keunggulan internet adalah mampu melakukan komunikasi secara interaktif dan bersifat global, serta beberapa hasil penelitian tentang pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi untuk keperluan pendidikan diketahui memberikan dampak positif.
Portal Rumah Belajar adalah Program Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pembelajaran online. Portal Rumah Belajar tentang irisan dan gubungan dua himpunan ini beralamat di http://belajar.kemdiknas.go.id/index3.php?display=view&mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/SMP/view&id=160&uniq=all
Portal rumah belajar kemendiknas ini dilengkapi dengan Bahan Pemelajaran Interaktif, Forum, Bank Soal, Katalog Media dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Kompetensi dari pembelajaran mempergunakan Portal Rumah Belajar ini adalah: Siswa dapat mengklasifikasikan suatu himpunan, Siswa dapat menggunakan irisan dua himpunan untuk memecahkan masalah, Siswa dapat menggunakan gabungan dua himpunan untuk memecahkan masalah.
Portal Rumah Belajar membantu menyelesaikan masalah–masalah yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan pengetahuan kita tentang himpunan, khususnya irisan dan gabungan dua himpunan.
Penelitian yang dilakukan ini didasarkan atas penelitian terdahulu dari Nurdin Ibrahim, Purwanto, dan Oos M.Anvas telah melakukan penelitian dengan judul Studi Penyelenggaraan Jaringan Sekolah yang dimuat di Jurnal Teknodik no 14/VIII/TEKNODIK/Juni/2004. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penyelenggaraan jaringan sekolah, karena penemuan internet dianggap sebagai penemuan yang cukup besar yang mengubah dunia. Pemanfaatan internet untuk pendidikan/pembelajaran merupakan perubahan radikal pengaruh kemajuan teknologi informasi (Ibrahim, 2004:6).
Penelitian yang dilakukan ini didasarkan atas penelitian terdahulu dari Nurdin Ibrahim, Purwanto, dan Oos M.Anvas telah melakukan penelitian dengan judul Studi Penyelenggaraan Jaringan Sekolah yang dimuat di Jurnal Teknodik no 14/VIII/TEKNODIK/Juni/2004. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penyelenggaraan jaringan sekolah, karena penemuan internet dianggap sebagai penemuan yang cukup besar yang mengubah dunia. Pemanfaatan internet untuk pendidikan/pembelajaran merupakan perubahan radikal pengaruh kemajuan teknologi informasi (Ibrahim, 2004:6).
Subjek penelitian ini  adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1, tahun pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 siswa. Pengambilan subjek penelitian dengan pertimbangan kelas tersebut memiliki nilai kurang baik untuk materi irisan dan gabungan dua himpunan, dari hasil tes awal sebanyak 30 siswa, 8 siswa belum tuntas dan baru 22  siswa yang mencapai ketuntasan, dengan kriteria ketuntasan minimal sebesar 75.
Peningkatan prestasi belajar siswa terjadi setelah guru mempergunakan portal Rumah Belajar saat pembelajaran. Saat siklus pertama, guru mengoperasikan Portal Rumah Belajar dari Netbook milik guru yang ditayangkan dengan layar LCD, dalam memasukkan berapa angka anggota himpunan, siswa yang menyampaikan berapa angka yang dimaksud. Kesulitan muncul karena netbook hanya satu, sehingga siswa kurang maksimal dalam mengeksplorasi keingintahuannya. Saat siklus kedua pemanfaatan Portal Rumah Belajar dilaksanakan di ruang Laboratorium TIK, sehingga, setiap siswa dapat mempergunakan satu netbook, yang menyebabkan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dengan indikator siswa belajar dengan gembira, bersikap akrab dengan guru, belajar tanpa kelihatan tertekan, akrab dengan sesama siswa, dan bersikap terbuka dengan guru. Tanggung jawab dan kemandirian siswa juga meningkat ditandai dengan siswa memiliki rasa percaya diri dalam mengerjakan tugas, mengerjakan tugas sesuai aturan, mempersiapkan alat-alat pembelajaran dengan baik, antusias dalam mengerjakan tugas, serta tepat waktu dalam mengerjakan tugas.
Pembelajaran dengan Portal Rumah Belajar juga meningkatkan keberanian berekspresi, ditandai dengan siswa berani memasukkan data pada simulasi irisan dan gabungan dua himpunan pada Portal Rumah Belajar, berani berpendapat, dan menjawab pertanyaan guru dengan baik.
Pemanfaatan Portal Rumah Belajar membuat siswa lebih banyak melakukan dalam belajar daripada mendengarkan ceramah, pembelajaran terfokus pada siswa, dan siswa mampu mencari pengetahuan sendiri.
Tindakan guru yang banyak memberi kesempatan siswa untuk mencoba mengisikan angka terhadap isian pada diagram venn irisan dan gabungan himpunan membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Tindakan guru dengan memberi tugas individu pada tiap kelompok  memberi kontribusi besar  terhadap peningkatan  rasa tanggung jawab siswa.  Presentasi yang dilakukan siswa tentang hasil pembelajaran dengan Portal Rumah Belajar memberi sumbangan besar terhadap rasa percaya diri siswa. Dengan penerapan pembelajaran dengan Portal Rumah Belajar, maka pembelajaran menjadi lebih menarik dan meneyenangkan.
Kesimpulan pada penelitian ini: 1) Penggunaan Portal Rumah Belajar pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1, terbukti  meningkatkan prestasi belajar siswa,  sebelum tindakan siswa yang tuntas belajar sebanyak 22 siswa atau  73,3 %, pada Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa  atau 76,7 %, sedang pada Siklus II siswa yang  tuntas sebanyak 28 siswa  atau   93,3 %. Sehingga dilihat dari ketuntasan belajar dari sebelum dilakukannya tindakan sampai dengan Siklus II terdapat peningkatan. 2) Penggunaan Portal Rumah Belajar terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran irisan dan gabungan dua himpunan di kelas VII A SMP Muhammadiyah 1. Sebelum tindakan sebesar 2.00, sedang pada siklus I sebesar 3.00 dan pada  Siklus II sebesar 4.50. Dengan demikian kualitas pembelajaran  dari sebelum tindakan sampai dengan Siklus II terjadi peningkatan.
Saran pada penelitian ini, 1) Guru harus mempergunakan media pembelajaran yang menarik, agar siswa termotivasi untuk belajar, 2) Guru hendaknya memiliki paradigma bahwa guru bukan satu-satunya sumber belajar, 3) Pembelajaran Matematika hendaknya disampaikan  dengan menggunakan media yang mampu menyenangkan siswa dan  mampu membuat siswa aktif