Pelatihan Penulisan KTI Sebagai Wujud Kesadaran Pentingnya Publikasi Ilmiah Dimuat di Pena






Agustus 31, 2018

http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/08/pentingnya-publikasi-ilmiah/
Pusat Tekonologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud) menyelenggarakan kegiatan pelatihan penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk jurnal TEKNODIK. Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 29 sampai dengan 31 Agustus 2018. Kegiatan ini bertempat di Hotel Bellevue Suite, Radio Dalam, Cilandak, Jakarta Selatan.
Pelatihan ini penting mengingat di abad ke-21 atau abad teknologi ini perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang begitu pesat menciptakan tantangan-tantangan baru dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang makin kompleks menuntut kesiapan dunia pendidikan untuk mengantisipasinya. Informasi dan pengetahuan yang kian beragam dan makin mudah penyebarannya menuntut guru dan siswa untuk dapat mempergunakan sebaik-baiknya. Informasi dan pengetahuan ada yang bernilai positif ada juga yang negatif. Oleh karena itu, filter dari guru sangat diperlukan. Perubahan teknologi yang cepat ini harus disertai dengan peningkatan kemampuan sumber daya manusia. Menanggapi tuntutan tersebut, kementrian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) telah mengembangkan berbagai e-layanan pendidikan yang berbasiskan teknologi informasi dan komunikasi. salah satu di antaranya adalah pengembangan jurnal online TEKNODIK yang dapat diakses melalui laman.
Jurnal teknologi pendidikan diterbitkan oleh Pustekkom Kemendikbud, sebagai wahana penelitian, pengembangan dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan/pembelajaran. Guna menjaring karya-karya baru dan memotivasi penulis untuk mengirimkan artikel ilmiahnya ke Jurnal TEKNODIK, maka perlu ada perekrutan baru untuk calon-calon penulis TEKNODIK untuk edisi berikutnya. Untuk tersebut perlu ada pembekalan terlebih dahulu berupa pelatihan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan baik pengetahuan maupun ketrampilan dalam penulisan dan mempublikasi tulisan ilmiah ke jurnal TEKNODIK.

Strategi yang ditempuh dalam kegiatan pelatihan ini adalah sebagai berikut: 
1) Mengundang dan menyosialisasikan informasi kegiatan pelatihan dengan info grafis melalui sosial media. 
2) Registrasi peserta secara online melalui aplikasi manajemen pelatihan Pustekkom dengan melampirkan konsep artikel yang akan dikembangkan, 
3) Seleksi peserta oleh panitia dan pengumuman peserta hasil seleksi. 
4) Pemanggilan peserta oleh panitia kegiatan, 
5) Pelaksanaan kegiatan pelatihan baik berupa teori maupun praktek, dengan perbandingan 40 : 60 Untuk teori, kepada para peserta akan disajikan materi-materi yang mengarah kepada petunjuk penulisan artikel ilmiah sesuai dengan tulisan jurnal online. Dalam praktik, para peserta pelatihan didampingi para pembimbing.
6) Praktek penulisan naskah . 
7) Pembimbingan penulisan naskah baik secara tatapmuka di tempat pelatihan, dilanjutkan dengan pembimbingan secara online setelah peserta kembai ke satuan kerja masing-masing. Penyerahan sertifikat pelatihan bagi psserta yang sudah mengumpulkan hasil praktik penulisan artikel ilmiah untuk TEKNODIK.

Materi dalam pelatihan ini adalah: 
1) Cakupan Tema dalam Jurnal TEKNODIK disampaikan oleh Dr. R Benny Agus Pribadi, M.A, 
2) Pengertian, jenis, gaya selingkung artikel KTI TEKNODIK oleh Bambang Warsita, 
3) Beberapa cara/strategi/tips dalam menulis KTI oleh Dr. Deni Dermawan, M.Si , 
4) Tahapan dalam penulisan KTI oleh Dr. Oos M. Anwas, 
5) Metode R&D serta hasil-hasil penelitian mutakhir di bidang Teknologi Pendidikan oleh Dr. Purwanto 
6) Kode Etik KTI, Plagiasi dan Sitasi oleh Prof. Fuad Rahman, M.Pd , 
7) Penggunaan Bahasa dalam Penulisan Artikel Ilmiah oleh Sudirman Siahaan dan Waldopo, 
8) Aplikasi Jurnal Online TEKNODIK (pengenalan dan penerapan) oleh Dwi Sumarwanto, M.Si, 
9) Bimbingan dan praktek penulisan KTI (secara tatapmuka dan daring ) oleh Fuad Rahman, R Benny Agus Pribadi, Deni Dermawan, Sudirman Siahaan, Purwanto, Bambang Warsita, Oos M Anwas, Waldopo, Dwi Sumarwanto.

Setelah mengikuti pelatihan penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk jurnal TEKNODIK peserta diharapkan mampu menulis sebuah artikel Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang siap dipublikasikan di jurnal TEKNODIK. Secara khusus setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta mampu: 
a) menulis artikel untuk jurnal ilmiah; 
b) menggunakan aplikasi jurnal online; dan 
 c) menulis naskah untuk jurnal TEKNODIK sesuai gaya selingkung, format dan teknis penulisannya. Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah terlatihnya 40 (empat puluh) orang peserta dalam penulisan artikel ilmiah dan tersedianya 40 konsep artikel.

Hasil Karya Ilmiah:
Juara 1 dengan judul Aplikasi Strategi Pembelajaran Inside and Outside Circle untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Biologi Sel oleh Effiyati Prihartini MAN 20 Jakarta.
Juara 2 dengan judul Implementasi Model Project Based Learning dalam Membina Karakter Disiplin oleh Angger Saloko FKIP UNILUS
Juara 3
Dengan judul Penggunaan Akun Edmodo sebagai Upaya Mengurangi Dampak Negatif Media Sosial oleh Muzanip Alperi dari LPMP Bengkulu

Peserta terinteraktif:
1. Mardiyah dari SMPN 3 Torjun Jawa Timur
2. Suminah dari SMPN 7 Indralaya Utara Sumatra Selatan
3. Adang Sutarman dari SMPN 1 Pamarayan Banten