GARIS BESAR PROGRAM PERKULIAHAN
DASAR-DASAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA






Rr. Martiningsih, S.Pd., M.Pd.











GARIS BESAR PROGRAM PERKULIAHAN (GBPP)



JUDUL MATA KULIAH : Dasar-Dasar Pembelajaran Matematika 1
SKS : 2 SKS
SASARAN : Semester genap

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM :
Membekali mahasiswa dalam penguasaan dasar-dasar pembelajaran matematika agar dapat menerapkannya dalam belajar dan pembelajaran yang menunjang seluruh mata kuliah di Jurusan pendidikan Matematika.

DESKRIPSI :
Mata kuliah ini membahas materi yang meliputi :
1 Mengidentifikasi dan memanfaatkan konsep-konsep psikologi, sosiologi dan
komunikasi yang berkenaan dengan pembelajaran
2 Pemanfaatan model-model pembelajaran
•Mengidentifikasi model-model pembelajaran.
•Menganalisa model-model pembelajaran
•Memilih model pembelajaran yang dapat diterapkan sesuai dengan bidang studi
•Mengidentifikasi karakteristik model pembelajaran yang dipilih
•Mengantisipasi modelpembelajaran yang mungkin diterapkan
3 Model pembelajaran untuk sekolah menengah
4 Mengorganisasikan pembelajaran
5 Matematika dalam pembelajaran
6 Perkembangan teori belajar mengajar dan penerapannya dalam pengajaran matematika
7 Metode khusus dalam pembelajaran matematika
8 Metode dalam pembelajaran matematika




PERKULIAHAN

Judul Mata kuliah : Dasar-Dasar Pembelajaran Matematika 1
Pengajar : Rr. Martiningsih, S.Pd., M.Pd.


Deskripsi Singkat : Mata kuliah ini membahas materi yang meliputi :

Mengidentifikasi dan memanfaatkan konsep-konsep psikologi, sosiologi dan komunikasi yang berkenaan dengan pembelajaran

Pemanfaatan model-model pembelajaran
•Mengidentifikasi model-model pembelajaran.
•Menganalisa model-model pembelajaran
•Memilih model pembelajaran yang dapat diterapkan sesuai dengan bidang studi
•Mengidentifikasi karakteristik model pembelajaran yang dipilih
•Mengantisipasi modelpembelajaran yang mungkin diterapkan

Model pembelajaran untuk sekolah menengah
Mengorganisasikan pembelajaran
Matematika dalam pembelajaran
Perkembangan teori belajar mengajar dan penerapannya dalam pengajaran matematika
Metode khusus dalam pembelajaran matematika
Metode dalam pembelajaran matematika




Tujuan Instruksional : Membekali mahasiswa dalam penguasaan Probabilitas dasar-dasar pembelajaran matemaatika agar dapat menerapkannya pada belajar dan pembelajaran pada mata kuliah di Jurusan Pendidikan Matematika

Strategi Perkuliahan : Diharapkan mahasiswa membaca referensi buku, download materi kuliah, mengerjakan tugas yang diberikan, hadir saat kuliah, sehingga mahasiswa dapat mengikuti seluruh rangkaian perkuliahan dengan baik

Kuliah Tatap Muka : 120 menit/pertemuan
Quiz : 2x / semester
Tugas : 4x / semester
UTS : 1x / semester
UAS : 1x / semester

Literatur :
Dahar, Ratna Willis. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta : Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyasa.2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Roestiyah.2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suryosubroto.2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.








Tugas :
Hadir saat perkuliahan
Menyerahkan 4 tugas pada waktu yang sudah ditentukan
Mengerjakan 2 Quiz
Mahasiswa wajib mengikuti 1 kali UTS dan 1 kali UAS
Mahasiswa dianjurkan membaca buku referensi yang telah ditentukan.

Penilaian :
Kriteria penilaian adalah sebagai berikut

Jadwal Kuliah