kurikulum smp 2013
Draft Struktur Kurikulum 2013 SMP
PENJELASAN :
Kurikulum
yang saat ini berlaku adalah seperti yang terlihat di sebelah kiri,
sedangkan usulan struktur kurikulum baru di sebelah kanan. Kurikulum
yang sekarang berlaku terdiri dari komponen Mata pelajaran, Komponen
Muatan Lokal dan Komponen Pengembangan Diri. Komponen mata pelajaran
terdiri atas 10 mata pelajaran. Jumlah jam pelajaran kelas 7 s/d 9
adalah 32, 32 dan 32. Usulan struktur kurikulum baru terdiri atas
kelompok A yang terdiri dari 7 mata pelajaran dan kelompok B yang
terdiri dari 3 mata pelajaran. Muatan Lokal diintegrasikan dalam
kelompok B. Jumlah jam pelajaran di tiap kelas bertambah masing-masing
sebanyak 6 jam pelajaran per minggu sehingga menjadi 38 jam.
DAFTAR MATA PELAJARAN SMP KURIKULUM 2013
Usulan Rancangan Struktur Kurikulum SMP
Struktur Kurikulum Sekarang
Usulan Struktur Kurikulum Baru
DOWNLOAD DRAFT RESMI KURIKULUM 2013
Sumber :http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id/
Usulan Rancangan Struktur Kurikulum SMP
No | Komponen Rancangan |
1 | Sama dengan SD, akan disusun berdasarkan kompetensi yang harus dimiliki peserta didik SMP dalam ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan |
2 | Menggunakan mata pelajaran sebagai sumber kompetensi dan substansi pelajaran |
3 | Menggunakan pendekatan sains dalam proses pembelajaran [mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, mencipta] semua mata pelajaran |
5 | Meminimumkan jumlah mata pelajaran dengan hasil dari
12 dapat dikurangai menjadi 10 melalui pengintegrasian beberapa mata
pelajaran:
- TIK menjadi sarana pembelajaran pada semua mata pelajaran, tidak berdiri sendiri - Muatan lokal menjadi materi pembahasan Seni Budaya, Prakarya dan Budidaya - Mata pelajaran Pengembangan Diri diintegrasikan ke semua mata pelajaran |
6 | IPA dan IPS dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science dan
integrative social studies, bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Keduanya sebagai pendidikan berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pembangunan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan alam dan sosial. |
7 | Bahasa Inggris diajarkan untuk membentuk keterampilan berbahasa |
8 | Menambah 6 jam pelajaran per minggu sebagai akibat dari perubahan pendekatan proses pembelajaran dan proses penilaian |
KOMPONEN | ALOKASI WAKTU MINIMAL PER MINGGU [JP] | |||
VII | VIII | IX | ||
A. Mata Pelajaran | ||||
1. | Pendidikan Agama | 2 | 2 | 2 |
2. | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 |
3. | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 |
4. | Matematika | 4 | 4 | 4 |
5 | Ilmu Pengetahuan Alam | 4 | 4 | 4 |
6 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 4 | 4 | 4 |
7 | Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 |
8 | Seni Budaya | 2 | 2 | 2 |
9 | Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan | 2 | 2 | 2 |
10 | Keterampilan/Teknologi Informasi & Komunikasi | 2 | 2 | 2 |
B. Muatan Lokal | 2 | 2 | 2 | |
C. Pengembangan Diri | 2* | 2* | 2* | |
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu | 32 | 32 | 32 |
MATA PELAJARAN | ALOKASI WAKTU PER MINGGU [JP] | |||
VII | VIII | IX | ||
Kelompok A | ||||
1. | Pendidikan Agama | 3 | 3 | 3 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 3 | 3 | 3 |
3. | Bahasa Indonesia | 5 | 5 | 5 |
4. | Matematika | 5 | 5 | 5 |
5. | Ilmu Pengetahuan Alam | 4 | 4 | 4 |
6. | Ilmu Pengetahuan Sosial | 4 | 4 | 4 |
7. | Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 |
Kelompok B | ||||
1. | Seni Budaya (termasuk muatan lokal) | 3 | 3 | 3 |
2. | Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan (termasuk muatan lokal) | 3 | 3 | 3 |
3. | Prakarya (termasuk muatan lokal) | 4 | 4 | 4 |
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu | 38 | 38 | 38 |
Sumber :http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id/
Post a Comment