1. Direct instruction = pembelajaran langsung adalah pembelajaran yang menekankan pada penguasaan konsep dan/atau perubahan perilaku dengan mengutamakan pendekatan deduktif, dengan ciri-ciri sebagai berikut: (1) transformasi dan ketrampilan secara langsung; (2) pembelajaran berorientasi pada tujuan tertentu; (3) materi pembelajaran yang telah terstuktur; (4) lingkungan belajar yang telah terstruktur; dan (5) distruktur oleh guru.

Problem based instruction = pembelajaran berdasar masalah yaitu pembelajaran yang berlandaskan paham konstruktivistik yang mengakomodasi keterlibatan siswa dalam belajar dan pemecahan masalah otentik (Arends et al., 2001). Dalam pemrolehan informasi dan pengembangan pemahaman tentang topik-topik, siswa belajar bagaimana mengkonstruksi kerangka masalah, mengorganisasikan dan menginvestigasi masalah, mengumpulkan dan menganalisis data, menyusun fakta, mengkonstruksi argumentasi mengenai pemecahan masalah, bekerja secara individual atau kolaborasi dalam pemecahan masalah.


2.
metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.

media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik

3. Quantum teaching menunjukkan kepada kita cara untuk menjadi guru yang baik. QT menguraikan cara-cara baru yang memudahkan proses belajar kita lewat pemaduan unsur seni dan pencapaian-pencapaian yang terarah. Apapun mata pelajaran yang kita ajarkan. Dengan menggunakan metodologi QT kita akan dapat menggabungkan keistimewaan-keistimewaan belajar menuju bentuk perencanaan pengajaran yang akan meningkatkan prestasi siswa.

Quantum teaching bersandar pada konsep “ bawalah dunia mereka ke dunia kita, dan antarkan dunia kita ke dunia mereka”. Maksudnya bila kita membaca konsep di atas akan mengingatkan kita pada pentingnya memasuki dunia murid sebagai langkah pertama, karena tindakan ini akan memberi izin guru untuk memimpin , menuntun dan memudahkan perjalanan mereka menuju kesadaran dan ilmu pengetahuan yang luas.

Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan proses pembelajaran yang holistik dan bertujuan membantu siswa untuk memahami makna materi ajar dengan mengaitkannya terhadap konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial dan kultural), sehingga siswa memiliki pengetahuan/ ketrampilan yang dinamis dan fleksibel untuk mengkonstruksi sendiri secara aktif pemahamannya.

CTL disebut pendekatan kontektual karena konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota masyarakat.

4. RPP adalah adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.

5. Manfaat matematika realistik adalah menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari, atau untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menggunakan konsep-konsep matematika. Dengan menggunakan simbol dan relasi yang sesuai serta alogaritma tertentu maka permasalahan sehari-hari dari bentuk kalimat verbal ke dalam model matematika serta pemilihan rumus dan prosedur yang sesuai dengan permasalahan perlu ada penekanan dan pelatihan karena penggunaan rumus maupun prosedur tidak tampak secara langsung.

Read more at: http://aadesanjaya.blogspot.com/2010/10/penerapan-pendekatan-matematika.html
Copyright aadesanjaya.blogspot.com
Terkait dengan hal di atas salah satu manfaat dalam mempelajari matematika adalah untuk menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari, atau untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menggunakan konsep-konsep matematika. Dengan menggunakan simbol dan relasi yang sesuai serta alogaritma tertentu maka permasalahan sehari-hari dari bentuk kalimat verbal ke dalam model matematika serta pemilihan rumus dan prosedur yang sesuai dengan permasalahan perlu ada penekanan dan pelatihan karena penggunaan rumus maupun prosedur tidak tampak secara langsung. (Winarno, 2003 : 1)

Read more at: http://aadesanjaya.blogspot.com/2010/10/penerapan-pendekatan-matematika.html
Copyright aad

Pembelajaran matematika lebih memusatkan kegiatan belajar pada siswa danlingkungan serta bahan ajar yang disusun sedemikian sehingga siswa lebih aktifmengkonstruksi atau membangun sendiri pengetahuan yang akan diperolehnya. Pembelajaran berangkat dari persoalan dalam dunia nyata, diharapkanpelajaran tersebut menjadi bermakna bagi siswa. Dengan demikian merekatermotivasi untuk terlibat dalam pelajaran. Untuk mendukung proses pembelajaranyang mengaktifkan siswa diperlukan suatu pengembangan materi pelajaranmatematika yang difokuskan kepada aplikasi dalam kehidupan sehari-hari(kontekstual) dan disesuaikan dengan tingkat kognitif siswa, serta penggunaanmetode evaluasi yang terintegrasi pada proses pembelajaran.

Dalam pembelajaran tidak dimulai dari defenisi, teorema atau sifat-sifat kemudiandilanjutkan dengan pembahasan contoh-contoh, seperti yang selama inidilaksanakan diberbagai sekolah. Namun sifat-sifat, definisi, cara, prinsip,dan teorema diharapkan seolah-olah ditemukan kembali oleh siswa melaluipenyelesaian kontekstual yang diberikan guru di awal pembelajaran. Dengandemikian dalam PMR siswa didorong atau ditantang untuk aktif bekerja, bahkandiharapkan dapat mengkonstruksi atau membangun sendiri pengetahuan yangdiperolehnya

Terkait dengan hal di atas salah satu manfaat dalam mempelajari matematika adalah untuk menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari, atau untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menggunakan konsep-konsep matematika. Dengan menggunakan simbol dan relasi yang sesuai serta alogaritma tertentu maka permasalahan sehari-hari dari bentuk kalimat verbal ke dalam model matematika serta pemilihan rumus dan prosedur yang sesuai dengan permasalahan perlu ada penekanan dan pelatihan karena penggunaan rumus maupun prosedur tidak tampak secara langsung. (Winarno, 2003 : 1)

Read more at: http://aadesanjaya.blogspot.com/2010/10/penerapan-pendekatan-matematika.html
Copyright aadesanjaya.blogspot.com
Terkait dengan hal di atas salah satu manfaat dalam mempelajari matematika adalah untuk menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari, atau untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menggunakan konsep-konsep matematika. Dengan menggunakan simbol dan relasi yang sesuai serta alogaritma tertentu maka permasalahan sehari-hari dari bentuk kalimat verbal ke dalam model matematika serta pemilihan rumus dan prosedur yang sesuai dengan permasalahan perlu ada penekanan dan pelatihan karena penggunaan rumus maupun prosedur tidak tampak secara langsung. (Winarno, 2003 : 1)

Read more at: http://aadesanjaya.blogspot.com/2010/10/penerapan-pendekatan-matematika.html
Copyright aadesanjaya.blogspot.com
Terkait dengan hal di atas salah satu manfaat dalam mempelajari matematika adalah untuk menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari, atau untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menggunakan konsep-konsep matematika. Dengan menggunakan simbol dan relasi yang sesuai serta alogaritma tertentu maka permasalahan sehari-hari dari bentuk kalimat verbal ke dalam model matematika serta pemilihan rumus dan prosedur yang sesuai dengan permasalahan perlu ada penekanan dan pelatihan karena penggunaan rumus maupun prosedur tidak tampak secara langsung. (Winarno, 2003 : 1)

Read more at: http://aadesanjaya.blogspot.com/2010/10/penerapan-pendekatan-matematika.html
Copyright aadesanjaya.blogspot.com
Terkait dengan hal di atas salah satu manfaat dalam mempelajari matematika adalah untuk menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari, atau untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menggunakan konsep-konsep matematika. Dengan menggunakan simbol dan relasi yang sesuai serta alogaritma tertentu maka permasalahan sehari-hari dari bentuk kalimat verbal ke dalam model matematika serta pemilihan rumus dan prosedur yang sesuai dengan permasalahan perlu ada penekanan dan pelatihan karena penggunaan rumus maupun prosedur tidak tampak secara langsung. (Winarno, 2003 : 1)

Read more at: http://aadesanjaya.blogspot.com/2010/10/penerapan-pendekatan-matematika.html
Copyright aadesanjaya.blogspot.com
Terkait dengan hal di atas salah satu manfaat dalam mempelajari matematika adalah untuk menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari, atau untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menggunakan konsep-konsep matematika. Dengan menggunakan simbol dan relasi yang sesuai serta alogaritma tertentu maka permasalahan sehari-hari dari bentuk kalimat verbal ke dalam model matematika serta pemilihan rumus dan prosedur yang sesuai dengan permasalahan perlu ada penekanan dan pelatihan karena penggunaan rumus maupun prosedur tidak tampak secara langsung. (Winarno, 2003 : 1)

Read more at: http://aadesanjaya.blogspot.com/2010/10/penerapan-pendekatan-matematika.html
Copyright aadesanjaya.blogspot.com
untuk menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari, atau untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menggunakan konsep-konsep matematika. Dengan menggunakan simbol dan relasi yang sesuai serta alogaritma tertentu maka permasalahan sehari-hari dari bentuk kalimat verbal ke dalam model matematika serta pemilihan rumus dan prosedur yang sesuai dengan permasalahan perlu ada penekanan dan pelatihan karena penggunaan rumus maupun prosedur tidak tampak secara langsung.

Read more at: http://aadesanjaya.blogspot.com/2010/10/penerapan-pendekatan-matematika.html
Copyright aadesanjaya.blogspot.com
untuk menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari, atau untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menggunakan konsep-konsep matematika. Dengan menggunakan simbol dan relasi yang sesuai serta alogaritma tertentu maka permasalahan sehari-hari dari bentuk kalimat verbal ke dalam model matematika serta pemilihan rumus dan prosedur yang sesuai dengan permasalahan perlu ada penekanan dan pelatihan karena penggunaan rumus maupun prosedur tidak tampak secara langsung.

Read more at: http://aadesanjaya.blogspot.com/2010/10/penerapan-pendekatan-matematika.html
Copyright aadesanjaya.blogspot.com
untuk menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari, atau untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menggunakan konsep-konsep matematika. Dengan menggunakan simbol dan relasi yang sesuai serta alogaritma tertentu maka permasalahan sehari-hari dari bentuk kalimat verbal ke dalam model matematika serta pemilihan rumus dan prosedur yang sesuai dengan permasalahan perlu ada penekanan dan pelatihan karena penggunaan rumus maupun prosedur tidak tampak secara langsung.

Read more at: http://aadesanjaya.blogspot.com/2010/10/penerapan-pendekatan-matematika.html
Copyright aadesanjaya.blogspot.com