PAKEM

PAKEM

Satu pendekatan yang dapat digunakan dalam KBM Effektif dan disesuaikan dengan Mata Pelajaran yang diajarkan adalah:

P A K E M
(Pembelajaran Aktif Kreatif Effektif dan Menyenangkan)

Kata Pengantar

Upaya institusi atau Lembaga Pendidikan terus dilakukan guna peningkatan kualtias pendidikan. Hal ini sangat penting, mengingat perubahan pendidikan selalu mengikuti perkem-bangan zaman. Seiring dengan hal itu, Sekolah perlu membuat suatu kegiatan pembekalan yang ditujukan untuk para guru. Guru sebagai lokomatif pembelajaran harus dibejali modal profesi sebagai guru yang pada akhirnya akan menjadi guru yang profesional. Sehingga sasaran pembelajaran "anak" akan memiliki kompetensi sesuai tuntutan Kurikulum Berbasis Kompetensi, saat ini Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Salah satu materi yang esensial dalam kegiatan ini adalah materi yang langsung menyentuh kepada kebutuhan guru yaitu strategi pembelajaran. Oleh karena itu, penulis sebagai narasumber dalam pelatihan ini diberi amanah untuk membawakan materi strategi pembelajaran PAKEM atau Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, lewat topik KBM Efektif. Paparan materi ini akan memperkaya Khasanah keterampilan guru dalam mengajar. Diharapkan lewat kegiatan ini pendidikan yang dilaksanakan di Suatu Institusi atau Lembaga akan lebih berkualitas. Semoga berhasil… Amin.

I. Pendahuluan

Kehadiran KTSP saat ini sesuai dengan Permen 22, 23, 24 Tahun 2006 yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menuntut pelaku pendidikan harus lebih ekstra mempersiapkan diri terutama guru sebagai motor utama proses pendidikan. Oleh karena guru, langsung berhadapan dengan murid sebagai objek pembelajaran maka harus diciptakan hubungan yang harmonis, menarik dan menyenangkan. Target ini harus berjalan serentak dan bersama-sama yaitu kemampuan guru yang maksimal, kemauan siswa, perhatian orang tua dan institusi pendidikan yang bijak.

KTSP sebagai acuan pendidikan pembelajaran menuntut siswa bukan hanya sekedar tahu tentang sesuatu tetapi harus mampu melaksanakan sesuatu itu dengan benar sehingga siswa tersebut dapat dinyatakan telah berkompeten pada setiap mata pelajarannya. Maka, strategilah yang perlu diperkaya. Inilah yang dibahas dalam pelatihan ini yaitu strategi pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

II. Permasalahan

  1. Kehadiran KTSP sebagai kurikulum yang mengarahkan kepada persoalan kemamuan siswa, maka perlu strategi yang tepat digunakan oleh guru.
  2. PAKEM sebagai salah satu strategi pembelajaran saat ini sangat tepat dikuasai guru sebagai modal pelaksanaan KTSPdalam proses pembelajaran.
  3. Rendahnya kemampuan guru dalam menerapkan strategi perlu diupayakan, akan lebih bermutu sehingga pembelajaran mencapai tujuan.
  4. Guru dalam mengajar lebih banyak memperdaya siswa dari pada memberdayakan siswa. Siswa tidak diarahkan untuk berkembang tetapi diatur untuk jangan begini, jangan begitu dan pada akhirnya siswa menjadi pasif dan takut berbuat.
  5. Upaya memotivais siswa masih rendah terutama dalam hal melakukan sesuatu. Hal ini perlu diperhatikan guru, karena siswa adalah orang yang memiliki potensi dan bukan tabung kosong yang harus diisi.

III. Tujuan

Materi pelatihan ini disajikan dengan tujuan sebagai berikut :

  1. Pemaparan konsep strategi pembelajaran PAKEM agar dapat dikuasai guru dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.
  2. Terciptanya proses pembelajaran yang menarik, diman siswa aktif dan kreatif serta guru mampu memotivasi dan memfasilitasi kegiatan siswa.
  3. Terciptanya kualitas belajar yang standard dan sesuai dengan tuntutan kurikulum yaitu siswa yang memiliki kompetensi yang dapat diterapkan dalam kehidupannya sehari – hari.
  4. Guru akan lebih memiliki wawasan mengenai pemahaman tentang anak dalam belajar yaitu anak sebagai seseorang yang memiliki potensi yang harus dikembangkan sesuai dengan bakat dan minatnya masing – masing.
  5. Terciptanya hubungan guru dan murid yang harmonis yaitu siswa merasa sekolah bukan sebagai penjara dan selalu rindu akan gurunya.

IV. Pemaparan Materi

Apa itu PAKEM ?

Dari segi Guru

A = Aktif, guru aktif :

  • Memantau kegiatan belajar siswa
  • Memberi umpan balik
  • Mengajukan pertanyaan yang menantang
  • Mempertanyakan gagasan siswa

K = Kreatif, guru :

  • Mengembangkan kegiatan yang beragam
  • Membuat alat bantu belajar sederhana

E = Efektif, pembelajaran :

  • Mencapai tujuan pembelajaran

M = Menyenangkan, pembelajaran :

  • Tidak membuat anak takut :
    1. Takut salah
    2. Takut ditertawakan
    3. Takut dianggap sepele

Dari segi Siswa

A = Aktif, siswa aktif :

  • Bertanya
  • Mengemukakan gagasan
  • Mempertanyakan gagasan orang lain dan gagasannya

K = Kreatif, siswa :

  • Merancang / membuat sesuatu
  • Menulis / mengarang

E = Efektif, siswa :

  • Menguasai keterampilan atau kompetensi
    yang diperlukan

M = Menyenangkan, pembelajaran :

  • Membuat anak :
    1. Berani mencoba / berbuat
    2. Berani bertanya.
    3. Berani mengemukakan pendapat / gagasan.
    4. Berani mempertanyakan gagasan
      Orang lain.

Yang Harus Diperhatikan Dalam Melaksanakan Pakem

1. Memahami Sifat Yang Dimiliki Anak

2. Mengenal Anak Secara Perorangan

3. Memanfaatkan Prilaku Anak Dalam Pengorganisasian Belajar

4. Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis, Kreatif Dan Kemampuan Memecahkan Masalah.

5. Mengembangkan Ruang Kelas Sebagai Lingkungan Belajar Yang Menarik.

6. Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar.

7. Memberikan Umpan Balik Yang Baik Untuk Meningkatkan Kegiatan Belajar.

8. Membedakan Aktif Fisik Dan Aktif Mental.

10 Kebiasaan Guru Yang Efektif

1. Tau Apa Yang Diajarkan
2. Mengajar Dan Mengarahkan Dengan Memberi Contoh
3. Menghargai Siswa
4. Memotivasi Siswa
5. Memahami Tujuan Pembelajaran
6. Mengajarkan Siswa Keterampilan Pemecahan Masalah.
7. Menggunakan Metode Yang Bervariasi
8. Mengembangkan Pengetahuan Pribadi Dengan Banyak Membaca
9. Mengajarkan Siswa Cara Mempelajari Sesuatu
10. Melaksanakan Penilaian Yang Tepat Dan Benar