Labels

Saturday, April 3, 2021

Matematika Pedagogi

 



Started onSaturday, 3 April 2021, 4:07 PM
StateFinished
Completed onSaturday, 3 April 2021, 4:12 PM
Time taken4 mins 33 secs
Marks7.00/7.00
Grade10.00 out of 10.00 (100%)
Feedback

Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Dicky tidak disukai oleh teman-temannya karena memiliki sikap kurang menghargai orang lain, suka berbicara kasar, agresif dan suka mengganggu orang lain. Bedasarkan ciri-ciri perilaku tersebut diduga status hubungan sosial Dicky termasuk...
Select one:
anak yang diterima
anak yang kontroversial
anak yang diabaikan
anak yang ditolak

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pembelajaran sebaiknya dilakukan dari materi sederhana ke kompleks, mudah ke sulit, dan diorganisasikan agar terlaksananya prinsip belajar tuntas dan maju berkelanjutan. Hal ini merupakan implikasi pendidikan dari prinsip/ hukum perkembangan...
Select one:
awalnya differensiasi akhirnya integrasi
variasi dalam tempo perkembangan
keragaman dalam irama perkembangan
perkembangan berlangsung secara bertahap

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Salsabila yang duduk di kelas 2 SD menunjukkan prestasi belajar yang rendah hampir di semua bidang studi dan jarang dapat menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan. Namun Salsabila mempunyai catatan kehadiran, kerajinan, dan ketekunan yang bagus, serta sikap belajar yang positif. Faktor penyebab kesulitan belajar Salsabila diperkirakan pada...
Select one:
bakat siswa yang rendah
tingkat kecerdasan yang rendah
motivasi belajar yang kurang baik
minat belajar yang kurang baik

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Di kelas Bu Rani, ada beberapa anak yang lebih suka menyendiri, sedikit memiliki teman, kurang mampu berkomunikasi, dan kurang mampu bekerja sama. Ciri-ciri perilaku peserta didik tersebut menunjukkan kecenderungan memiliki...
Select one:
keterampilan sosial yang rendah
kemampuan menghargai diri yang rendah
keterampilan sosialisasi yang rendah
kemampuan berkomunikasi yang rendah

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Salah satu tahap diagnostik kesulitan belajar adalah tahap diagnosis analitik. Pada tahap ini biasa digunakan tes diagnosis atau tes prestasi belajar. Tujuan dari tahap diagnosis analitis adalah untuk mengidentifikasi masalah yaitu untuk mengetahui...
Select one:
faktor penyebab kesulitan belajar anak
jenis kesulitan belajar yang dialami anak
letak kelemahan-kelemahan itu terjadi
menandai anak yang mengalami kesulitan belajar

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Prestasi Musa di sebagian besar bidang studi di atas KKM, terutama IPA. Ulangannya yang selalu mendekati nilai sempurna didukung oleh kegemarannya membaca. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk mengembangkan bakat Musa?
Select one:
memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai bakatnya
memberikan berbagai tugas mandiri sekaligus melatih keterampilan belajarnya
memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai minatnya
dijadikan pendidik sebaya untuk membantu teman-temannya yang kesulitan belajar

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Dicky tidak disukai oleh teman-temannya karena memiliki sikap kurang menghargai orang lain, suka berbicara kasar, agresif dan suka mengganggu orang lain. Bedasarkan ciri-ciri perilaku tersebut diduga status hubungan sosial Dicky termasuk...
Select one:
anak yang ditolak
anak yang diterima
anak yang diabaikan
anak yang kontroversial

Feedback

Started onSaturday, 3 April 2021, 4:01 PM
StateFinished
Completed onSaturday, 3 April 2021, 4:04 PM
Time taken3 mins 4 secs
Marks6.00/7.00
Grade8.57 out of 10.00 (86%)
Feedback

Question 1

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Definisi penilaian adalah ....
a.
kegiatan penentuan angka bagi suatu objek secara sistematik
b.
menentukan atau menyusun alat ukur, dalam hal ini instrumen pengukuran dan bagaimana mengukurnya
c.
prosedur yang sistematis untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan untuk membuat kesimpulan tentang karakteristik orang atau objek
d.
kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Berikut ini merupakan prinsip penilaian yang harus Anda perhatikan dalam melakukan penilaian di kelas Anda, kecuali
a.
terbuka
b.
subjektif
c.
adil
d.
sahih

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Ismail siswa mampu mengurutkan benda dengan mudah berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Ismail mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berpikir pada tahap perkembangan kognitif
a.
operasional formal
b.
pre-operasional
c.
operasional konkret
d.
pra-operasional

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Bu Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda, kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir
a.
konvergen
b.
logis
c.
divergen
d.
vertical

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Berikut yang bukan termasuk kegiatan perencanaan pada prosedur penilaian pengetahuan adalah
a.
menetapkan bentuk dan teknik penilaian
b.
menyusun bank soal
c.
merancang instrumen penilaian
d.
pemetaan KD muatan pelajaran

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Berikut yang bukan termasuk kegiatan perencanaan pada prosedur penilaian pengetahuan adalah
a.
pemetaan KD muatan pelajaran
b.
menyusun bank soal
c.
menetapkan bentuk dan teknik penilaian
d.
merancang instrumen penilaian

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah....
a.
memperkirakan penyebab
b.
identifikasi kasus
c.
memperkirakan tindakan
d.
identifikasi masalah

Feedback

Started onSaturday, 3 April 2021, 3:51 PM
StateFinished
Completed onSaturday, 3 April 2021, 3:55 PM
Time taken3 mins 44 secs
Marks7.00/7.00
Grade10.00 out of 10.00 (100%)
Feedback

Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan contoh kegiatan berikut ini: 1) menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pembelajaran, 2) mempersiapan hal-hal apa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun siswa pada pembelajaran, dan 3) menyampaikan topik atau materi apa saja yang akan dibahas pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh ke tiga hal tersebut, dalam kegiatan komunikasi termasuk kegiatan dalam upaya untuk menyamakan … dalam komunikasi.

Select one:
a.

Persepsi

b.

Prasangka

c.

Tujuan

d.

Pespekstif

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Berdasarkan kuantitas orang yang terlibat dalam proses komunikasi, komunikasi di golongkan menjadi beberapa jenis, yaitu …

Select one:
a.

Komunikasi kelompok, komunikasi persuasif, komunikasi koersif

b.

Komunikasi massa, komunikasi publik, komunikasi media

c.

Komunikasi intrapersonal, komunikasi internasional, komunikasi kelompok

d.

Komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi massa

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pada pendekatan pembelajaran saintifik, keterampilan komunikasi siswa dapat dilihat dan diukur (dinilai) pada kegiatan di bawah ini, kecuali …

Select one:
a.

Mendiskusikan suatu masalah

b.

Mepresentasikan hasil diskusi

c.

Mengumpulkan data

d.

Mencoba atau bereksperimen

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Salah satu kelebihan komunikasi yang dilakukan secara langsung dan tatap muka (direct communication) adalah …

Select one:
a.

Komunikator akan mudah memprediksi respon yang terjadi pada komunikan

b.

Komunikator dan komunikan bisa saling menyapa langsung

c.

Komunikator dan komunikan dapat mengatur topik yang akan dibicarakan

d.

Komunikator dan komunikan mengetahui respon secara langsung pada saat komunikasi berlangsung

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Seorang guru menyampaikan materi pembelajaran secara langsung melalui aplikasi video conferences yang diikuti oleh siswa secara terpisah. Komunikasi yang terjadi pada kasus tersebut adalah …

Select one:
a.

Komunikasi langsung bermedia (mediated direct communination)

b.

Komunikasi media internet (internet media communication)

c.

Komunikasi langsung satu arah (one way direct communication)

d.

Komunikasi media massa (mass media communicatin)

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Salah satu faktor penunjang keberhasilan komunikasi yang efektif adalah faktor etos (nilai-nilai) pada diri komunikator. Secara teoretis, hal-hal apa sajakah yang dapat membangun etos guru sebagai komunikator dalam pembelajaran?

Select one:
a.

Emosi dan intelektual

b.

Kepercayaan dan daya tarik

c.

Daya tarik dan kecerdasan

d.

Kepercayaan dan latar belakang budaya

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Seorang guru dituntut memiliki kemampuan keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran. Diantara pernyataan di bawah ini, manakah yang kurang tepat mengenai fungsi pertanyaan dalam pembelajaran?

Select one:
a.

mendorong minat dan motivasi siswa untuk berparsipasi aktif dalam

pembelajaran

b.

merangsang siswa mencari bahan yang lebih banyak (ekslplorasi)

c.

mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan pokok pelajaran

d.

mengembangkan dan membangun konsep diri siswa secara individu

Feedback

Started onSaturday, 3 April 2021, 5:51 AM
StateFinished
Completed onSaturday, 3 April 2021, 5:54 AM
Time taken2 mins 45 secs
Marks7.00/7.00
Grade10.00 out of 10.00 (100%)
Feedback

Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Untuk menilai siswa dalam memahami paragraf, guru meminta siswa menuliskan kembali dengan menggunakan kalimatnya sendiri. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya dilakukan?
a.
Tes tertulis
b.
Penilaian produk
c.
Penilaian praktik
d.
Tes lisan

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Aktivitas pembelajaran pada model Project Based Learning pada sintaks mendesain perencanaan produk adalah.......
a.
peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru
b.
peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan
c.
peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan
d.
membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan produk/karya untuk dipaparkan kepada orang lain

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Salah satu aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks Discovery Learning yang.......
a.
pernyataan/Identifikasi masalah (Problem Statement)
b.
pengolahan data (Data Processing)
c.
pengumpulan data (Data Collection)
d.
pembuktian (Verification)

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Manakah soal yang memenuhi kriteria HOTS untuk stimulus berikut?

a.
Sawi dan bunga sepatu berperan sebagai apa?
b.
Hewan apa yang berperan sebagai konsumen tingkat I?
c.
Jika ulat menurun drastis, apa yang terjadi pada burung elang?
d.
Apakah peran burung elang dalam suatu rantai makanan?

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan contoh soal HOTS di bawah ini! Manakah indikator soal yang paling tepat untuk soal di atas?

a.
Disajikan kasus tentang kependudukan, siswa dapat menjelaskan terjadinya ledakan penduduk di suatu negara.
b.
Disajikan teks tentang kependudukan, siswa dapat menyebutkan factor-faktor yang menyebabkan terjadinyan ledakan penduduk
c.
Disajikan permasalahan kontekstual tentang kependudukan, siswa dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep kependudukan
d.
Disajikan teks, siswa dapat menjelaskan pengertian kependudukan.

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan cuplikan berita di bawah ini! Manakah pertanyaan yang merupakan soal HOTS berdasarkan teks di atas?

a.
Apa yang dilakukan para relawan?
b.
Mengapa siswa di Maros harus berjuang untuk pergi ke sekolah?
c.
Jika Anda seorang kepala desa, apa yang akan anda lakukan?
d.
Apakah pemerintah sudah turun tangan dalam menangani masalah ini?

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Indikator menyebutkan benda-benda yang ada di kelas, apabila dimasukkan pada matriks kemampuan berpikir dan dimensi pengetahuan berada pada posisi.......

a.
Posisi A
b.
Posisi B
c.
Posisi D
d.
Posisi C

Feedback

Started onSaturday, 3 April 2021, 4:05 AM
StateFinished
Completed onSaturday, 3 April 2021, 4:10 AM
Time taken4 mins 36 secs
Marks7.00/7.00
Grade10.00 out of 10.00 (100%)
Feedback

Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Indikator kunci dari kompetensi dasar Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah ….

a.
menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
b.
mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
c.
menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
d.
menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah ....
a.
membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
b.
mencatat hasil pengamatan cuaca
c.
melihat video tentang cuaca
d.
membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat....
a.
menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok
b.
mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari
c.
mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi
d.
bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perhatikan pernyataan berikut.
  • Mudah beradaptasi dan mampu mengelola kompleksitas. 
  • Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko. 
  • Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal. 
Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari sebagai bagian dari keterampilan Abad ke-21.
a.
Inventive Thinking
b.
High Productivity
c.
Digital Age Literacy
d.
Effective Communication

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Salah satu proses kognitif adalah “menganalisis” yang maknanya adalah ....


a.
melakukan atau menggunakan prosedur di dalam situasi yang tidak biasa
b.
memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian
c.
membangun arti dari proses pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tertulis dan gambar
d.
menempatkan unsur-unsur secara bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai..
a.
transfer knowledge
b.
creative thinking
c.
problem solving
d.
critical thinking

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar,” adalah..


a.
menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem
b.
menyebutkan pengertian ekosistem
c.
menjelaskan jaring-jaring makanan
d.
menelaah hubungan antar komponen ekosistem

Feedback


Started onSaturday, 3 April 2021, 1:06 AM
StateFinished
Completed onSaturday, 3 April 2021, 1:10 AM
Time taken3 mins 29 secs
Marks7.00/7.00
Grade10.00 out of 10.00 (100%)
Feedback

Question 1

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:
Select one:
a.
Perkembangan sosialnya
b.
Motivasi belajarnya
c.
Kemampuan awalnya
d.
Perkembangan motoriknya
e.
Perkembangan emosinya

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek:?
Select one:
a.
Kultural
b.
Etnik
c.
Sosial
d.
Status sosial
e.
Motivasi

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan:
Select one:
a.
Kontrak/imbal jasa
b.
Hati nurani
c.
Akibat perbuatan
d.
Ketertiban sosial
e.
Persetujuan orang lain

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek:?
Select one:
a.
Etnik
b.
Status Sosial
c.
Minat
d.
Moral
e.
Motivasi

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:
Select one:
a.
Minat peserta didik
b.
Gayabelajarpesertadidik
c.
Kultural peserta didik
d.
Etnik peserta didik
e.
Gender peserta didik

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:
Select one:
a.
Etnik
b.
Status social
c.
Minat
d.
Motivasi
e.
Kultural

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:
Select one:
a.
Menggunakan program audio dan modul.
b.
Menggunakan modul dan powerpoint.
c.
Menggunakan media audio, video, dan percobaan.
d.
Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.
e.
Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.

Feedback

Started onSaturday, 3 April 2021, 12:58 AM
StateFinished
Completed onSaturday, 3 April 2021, 1:02 AM
Time taken4 mins 17 secs
Marks6.00/7.00
Grade8.57 out of 10.00 (86%)
Feedback

Question 1

Complete
Mark 0.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori ....
Select one:
a.
Humanistik
b.
Kognitivistik
c.
Sibernetik
d.
Konstruktivistik
e.
Behavioristik

Feedback

Question 2

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah....
Select one:
a.
Kemampuan berkomunikasi
b.
Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
c.
Kemampuan berinteraksi
d.
Kemampuan mengemukakan pendapat
e.
Kemampuan untuk memecahkan masalah

Feedback

Question 3

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah....
Select one:
a.
Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
b.
Memberikan penjelasan pengetahuan baru
c.
Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
d.
Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru
e.
Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya

Feedback

Question 4

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar....
Select one:
a.
Sibernetik
b.
Konstruktivistik
c.
Humanistic
d.
Behavioristik
e.
Kognitivistik

Feedback

Question 5

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah.....
Select one:
a.
Mampu memahami sebuah kejadian
b.
Mampu memahami permasalahan
c.
Mampu memecahkan masalah
d.
Mampu mengalami sebuah kejadian
e.
Mampu membuat peraturan

Feedback

Question 6

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari......
Select one:
a.
Konflik
b.
Ikonik
c.
Enaktif
d.
Intuitif
e.
Simbolik

Feedback

Question 7

Complete
Mark 1.00 out of 1.00
Flag question

Question text

Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar....
Select one:
a.
Behavioristik
b.
Humanistik
c.
Rekonstruktivistik
d.
Konstruktivistik
e.
Kognitivistik

Feedback