Labels
- Akun belajar.id (79)
- Asesmen Nasional (3)
- BPMTPK (5)
- Buku (16)
- Canva (3)
- CKS (16)
- edpuzzle (1)
- Educlouds (4)
- Family (211)
- Girl4Tech (1)
- Guru Inti (2)
- Haji (100)
- Hobby (112)
- House (13)
- IDYM (22)
- IGI (17)
- Informasi Rumah Belajar (49)
- International Speaker (14)
- Isodel (3)
- Jurnal Teknodik (17)
- Kesehatan (4)
- Kinemaster (20)
- Kultum (2)
- Kurikulum (2)
- Laporan (24)
- matematika (32)
- Microsoft (99)
- My Achievements (36)
- My Activity (138)
- My Profile (22)
- My Story (136)
- Newspaper (15)
- Pandu Digital (3)
- Pena (9)
- PGRI (2)
- Pojok Inspirasi (1)
- Positive Thoughts (22)
- PPPPTK TK PLB (1)
- Quote (7)
- RPP (5)
- SAC (8)
- SILN (133)
- Sosialisasi (103)
- Tips (3)
- TV9 (2)
- TVE (15)
- Unique U (1)
Sunday, October 24, 2021
Portal Rumah Belajar
Pembelajaran di era dan pasca pandemi dapat memanfaatkan Rumah Belajar. Rumah Belajar dikembangkan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengembangkan sumber belajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang terdapat dalam sebuah portal pembelajaran resmi Kemdikbud dengan alamat akses url http://belajar.kemdikbud.go.id.
Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran berbasis web berisi layanan pembelajaran berupa: 1) Fitur Utama, yaitu Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, Bank Soal; 2) Fitur lainnya, yaitu Buku Sekolah Elektronik, Modul Digital, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan; 3) Fitur Pendukung yaitu Karya Komunitas, Karya Guru, Karya Bahasa dan Sastra; 4) Sumber Alternatif sebagai Partner, yaitu Video on Demand, Mobile Edukasi, Suara Edukasi, dan Radio Edukasi.
Sebagai fitur utama, Sumber Belajar merupakan bahan belajar bagi siswa berdasarkan kurikulum yang berlaku. Materi belajarnya disajikan secara terstruktur dengan tampilan menarik dalam bentuk gambar, video, animasi simulasi, evaluasi, dan permainan. Sumber Belajar hadir sebagai bentuk akselerasi gaya belajar peserta didik saat ini yang sudah melek dengan TIK. Peserta didik dapat dengan mudah menggunakan internet untuk belajar sendiri secara cepat, sehingga akan meningkatkan dan memeperluas pengetahuan, belajar berinteraksi, dan mengembangkan kemampuannya sendiri.
Rumah Belajar memiliki Learning Management System yang disebut Kelas Digital atau Kelas Maya. Strategi pembelajaran di Kelas Maya yaitu strategi pembelajaran lebih bersifat konstruktivistik yang menuntut pembelajaran aktif dan berpusat pada peserta didik untuk mendorong keterampilan peserta didik. Pembelajaran kelas maya ini menggunakan Rumah Belajar, salah satu layanan pembelajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk merancang, menyampaikan, dan mengatur pembelajaran formal dan informal serta berbagi pengetahuan sehingga model pembelajaran kelas maya ini dirancang sebagai pelengkap kegiatan pembelajaran di kelas dengan lebih banyak pada aktivitas asinkronus berdasarkan fasilitas TIK yang tersedia di sekolah. Implementasi pemanfaatan TIK dalam pembelajaran melibatkan pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah, pendidik, peserta didik, admin (operator) dan orang tua peserta didik.
Fitur bank soal memfasilitasi guru untuk membuat soal secara digital yang mudah diakses siswa. Membuat soal baru pada fitur Bank Soal, perlu ditentukan lebih dulu jenjang, kelas, mata pelajaran, topik, memilih tingkat kesukaran soal. Jawaban dituliskan pada kolom jawaban tanpa ditulis opsi pilihan jawaban dan diberi tanda untuk jawaban yang benar, serta dituliskan pembahasan soal. Untuk membuat evaluasi baru diisi lebih dulu detail evaluasi, termasuk di dalamnya menentukan jenis evaluasi yang akan dibuat. Kemudian mengisi evaluasi dengan beberapa soal yang diperoleh dari soal saya, bank soal, atau soal acak. Evaluasi yang dibuat oleh guru dapat digunakan oleh siswa tertentu dan siswa dari sekolah manapun. Ada tiga jenis evaluasi yang tersedia (latihan, ulangan, ujian) dan dapat dimanfaatkan oleh siswa. Latihan merupakan kumpulan soal-soal berdasarkan satu topik yang bersifat sebagai latihan beserta pembahasannya. Ulangan merupakan kumpulan soalsoal berdasarkan satu topik tertentu. Ujian merupakan kumpulan soal-soal dari beberapa topik yang berbeda.
Rumah Belajar memiliki pula fitur lainnya, yaitu Buku Sekolah Elektronik, Modul Digital, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Selain itu Rumah Belajar memiliki Fitur Pendukung yaitu Karya Komunitas, Karya Guru, Karya Bahasa dan Sastra; serta Sumber Alternatif sebagai Partner, yaitu Video on Demand, Mobile Edukasi, Suara Edukasi, dan Radio Edukasi. Dengan jargon Belajar di mana saja, kapan saja, dengan sioapa saja, Rumah Belajar ini dapat diakses GRATIS baik di Play Store, App Store maupun di https://belajar.kemdikbud.go.id/. Bagi pengguna Rumah Belajar dapat berkontribusi untuk mengisi konten Rumah Belajart dan bagi yang memiliki keinginan untuk menulis berita, artikel atau opini Rumah Belajar menyediakan Pena yang bisa diakses di Pena yang dapat diakses di http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/
Webinar Enggang Benuanta ✿π π π π ’π 2️⃣8️⃣
πͺ π³ π¬ π¬ π¦ π³ π¬
π§ πͺ π³ πΊ π¦ π³ πΉ π¦
Bersertifikat 8JP dan 32JP
Bissmillahirrohmaanirrohiim
Assalamualaikum wr.wb
πHallo... Bapak Ibu guru hebat dan Sahabat se Nusantara yang berbahagia.
πPastinya... Program Power Point sudah tak asing lagi bagi kita. Power Point atau Microsoft Power Point adalah sebuah program komputer yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran selain Word, Excel, Access, dan beberapa program lainnya.
π€Tapi tahukah Anda?
π€Ternyata Program Power Point bisa digunakan untuk mendesain gambar.
π Pada edisi ini, Enggang Benuanta juga akan berbagi ilmu dalam menggunakan Bitmoji Untuk Pembelajaran.
π♀️Bitmoji adalah aplikasi yang tersedia untuk Android, iOS dan Chrome. Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat emoji / avatar pribadi dan kemudian membagikannya di berbagai aplikasi Bitmoji yang sudah jadi dan dapat dibagikan ke WhatsApp, Twitter, Instagram dan layanan jejaring sosial lainnya
π♂️ Mau tahu lebih banyak tentang Desain gambar menggunakan Power Point dan slide serta Bitmoji utk pembelajaran?
π¨π» Yukss.. JOINN Webinar Enggang Benuanta ✿π π π π ’π 2️⃣8️⃣✿ dengan materi:
"Mendesain Aset Gambar dan Bitmoji Untuk Pembelajaran"
” Narasumber"
π©π« Raden Roro Martiningsih, S.Pd., M.Pd (DRB Jawa Timur)
π§ Anita Nurhasanah, S.Pd (DRB Kaltara 2020)
π£Webinar dipandu Host Donald Eryxon, S.Pd(SRB Kaltara 2020) dan Moderator Sunariyah, S.Pd.I.(SRB Kaltara 2020)
π€ Juga dihadiri Kepala LPMP Provinsi Kalimantan Utara
G R A T I Sπ€
π Bonus
1. Sertifikat 8 dan 32 jam
2. Bimbingan Aplikasi
3. Silaturahmi seluruh Indonesia
WoOww ad Doorprize
1. E-book Erlangga
2. Pulsa bagi Pemenang Kuis
✍ Catat waktu pelaksanaannya :
Hari/Tanggal : Selasa, 19 Oktober 2021
Pukul : 09.00 wita – 12.00 WITA
Tempat : Zoom Meeting
Link Meeting : http://bit.ly/drbsrbberbagi-28
Meeting number : 876 1391 7419
Password : 12345
YouTube Channel : LPMP KALTARA
π¨π»Pembimbingan Online melalu Telegram Grup: 20 - 23 Oktober 2021
π♂️Mau Ikutt.. Yukss..
FREE
UNTUK SELURUH INSAN PENDIDIKAN π₯³ππ
π€³Langsung join Telegram:
http://bit.ly/grupedisi-28
ππππππππ
Don’t forget to join us!!
CP Kegiatan: Anita Nurhasanah, S.Pd (081253803668)
πͺ π³ π¬ π¬ π¦ π³ π¬
π§ πͺ π³ πΊ π¦ π³ πΉ π¦
Berbagi dengan Hati
Berbagi untuk Negeri
D̐a̐r̐i̐
̐K̐a̐l̐i̐m̐a̐n̐t̐a̐n̐ U̐t̐a̐r̐a̐
̐u̐n̐t̐u̐k̐ I̐n̐d̐o̐n̐e̐s̐i̐a̐
PembaTIK Level 4 2021
Selamat Datang di PembaTIK Level 4 2021
Yuk Instal Aplikasi Rumah Belajar
Menggapa perlu aplikasi Rumah Belajar? Aplikasi ini mendukung proses pembelajaran dan gratis. Penggunaan Portal Rumah Belajar
sebagai media dianggap sesuai karena peran guru dalam proses pembelajaran yang
mengintegrasikan TIK diharapkan sebagai fasilitator, kolaborator, mentor,
pelatih, pengarah dan teman belajar, serta dapat memberikan pilihan dan
tanggung jawab yang besar pada peserta didik untuk mengalami peristiwa belajar.
Pesatnya perkembangan teknologi komputer dapat digunakan untuk memperbaiki proses
belajar- mengajar dengan cara menggunakan paket e- learning yang sesuai. Untuk menjawab berbagai
permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan, sejak tahun 2011, Pustekkom
mengembangkan suatu portal pembelajaran yang disebut Portal Rumah Belajar
beralamat http:// belajar.kemdikbud.go.id. Di dalam Portal Rumah Belajar,
tersedia berbagai fasilitas yang antara lain adalah Sumber Belajar, Buku
Sekolah Elektronik (BSE), Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya Indonesia, Jelajah
Wahana Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), dan Kelas Maya.
Fasilitas lain yang tersedia pada Portal Rumah Belajar adalah Karya Komunitas, Karya
Guru, dan Karya Bahasa dan Sastra. Rumah Belajar kini tersedia dalam Aplikasi Mobile
yang bisa diunduh di https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.kemdikbud.belajar.apprumahbelajar.
Rumah Belajar sebagai mobile learning dapat didefinisikan sebagai
suatu fasilitas atau layanan yang memberikan informasi elektronik secara umum
kepada pembelajar dan konten edukatif yang membantu pencapaian pengetahuan
tanpa terkendala lokasi dan waktu. Kehadiran mobile learning ditujukan sebagai
pelengkap pembelajaran dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari
materi yang kurang dikuasai di manapun dan kapanpun.
Portal Rumah Belajar merupakan
sumber belajar berbasis TIK yang telah maju begitu pesat dan cepat sehingga
menciptakan tantangan-tantangan baru dalam proses belajar-mengajar.
Permasalahan yang muncul dengan perkembangan teknologi tersebut adalah kesiapan
guru untuk mengantisipasinya. Dalam kaitan ini, Kemendikbud merumuskan bahwa
paradigma pembelajaran abad 21 menekankan pada kemampuan peserta didik dalam
mencari tahu dari berbagai sumber, merumuskan permasalahan, berpikir analitis, dan
kerjasama serta berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah.