Labels

Friday, July 25, 2025

Memahami Konsep Garis Bilangan di Kelas 7 MTs Muhammadiyah 19 Surabaya 25 Juli 2025

 



 Memahami Konsep Garis Bilangan di Kelas 7 MTs Muhammadiyah 19 Surabaya

Pembelajaran matematika di kelas 7 MTs Muhammadiyah 19 Surabaya menjadi lebih menarik saat siswa mulai mengenal dan memahami konsep garis bilangan. Guru memandu siswa untuk melihat angka bukan sekadar simbol, tetapi posisi dalam suatu urutan yang dapat dilihat dan dipahami secara visual melalui garis bilangan.

Dengan menggambar garis lurus yang memuat angka-angka negatif, nol, dan positif, siswa belajar bagaimana bilangan bergerak ke kanan saat ditambah, dan ke kiri saat dikurangi atau ditambahkan bilangan negatif. Contohnya, dari angka 3 jika ditambah (–2), siswa belajar mundur dua langkah ke kiri dan menemukan hasilnya adalah 1. Dari sini, siswa memahami bahwa penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat divisualisasikan secara konkret.

Metode ini membantu siswa yang masih kesulitan memahami abstraksi bilangan negatif. Mereka menjadi lebih mudah memahami hubungan antar bilangan dan pola pergerakannya. Antusiasme siswa terlihat saat mereka diminta menggambar garis bilangan sendiri dan menjelaskan cara kerjanya kepada teman-teman.

Dengan pendekatan visual ini, konsep bilangan bulat dan operasinya terasa lebih nyata dan menyenangkan, serta memperkuat dasar berpikir logis dan matematis siswa.