pelatihan pembuatan naskah

A. Latar Belakang.

Manusia diciptakan oleh Tuhan dalam kondisi yang tak sama. Ada yang dikaruniai indera yang lengkap; ada pula yang kurang lengkap. Seperti kita lihat pada anak-anak di Sekolah Luar Biasa. Tentunya Tuhan menciptakan semua mahkluk mempunyai maksud tertentu dalam hal ini perlu kita pahami kebesaran pencipta-Nya.

Dengan perbedaan itu kita ketahui kemudian bahwa dinamika dan peradaban kemajuan manusia itulah terjawab di kemudian hari. Teknologi hasil rekayasa manusia telah mampu menciptakan duplikasi kebutuhan untuk menjawab kekurangan tersebut, dan diharapkan mampu menyempurnakan hidup mereka. Menjadikan mereka sejajar dengan yang lain, memperoleh ilmu pengetahuan yang seimbang dan merata.

Salah satu teknologi Media karya manusia yang mampu untuk mengurangi kelemahan itu adalah Media Televisi/Video. Dengan kekuatan audio visualnya, Media Televisi/Video mampu mendeskripsikan dengan jelas segala kebutuhan, dan kita berhasil mencapai tingkat ekpektasi tertentu karenanya.

Video/televisi pembelajaran membawa muatan pendidikan yang dalam pelaksanannya diharapkan dapat menjadi percepatan kemajuan berpikir dan pembangunan mental spiritual yang sempurna bagi pemirsanya. Untuk itu diperlukan format penyajian yang berwawasan luas dan kreatif serta menarik. Bagaimana hal ini tercapai? Tentu saja diawali dengan penyusunan naskah yang baik, bervisi, dan mampu memenuhi selera jaman. Porsi penulis naskah memang sangat penting untuk out put media. Karena, berhasil tidaknya, baik secara tujuan dasar ataupun pasar, tergantung bagaimana seorang penulis naskah dapat membaca kepentingan pihak-pihak terkait, dan meramunya dalam sajian yang dapat diterima.

Video/televisi pembelajaran untuk pra sekolah, terutama untuk anak TKLB–B (Tunarungu) memerlukan format khusus yang lebih spesifik. Penalaran, konsep verbal, dan kemasan perlu kiranya diolah maksimal, meskipun kita tetap harus natural dalam memperlakukan keterbatasan mereka.

Balai Pengembangan Media Televisi (BPMTV) di Surabaya adalah sebagai Unit Pelaksana Teknis Pustekkom Diknas salah satu unit pengembang penyusunan konsep model dan format media televisi pendidikan. Sebuah lembaga vital untuk pengkajian pendidikan yang efektif dan efisien di Indonesia.

Mempertimbangkan ketersediaan dana dan skala prioritas, maka dilaksanakan kegiatan penulisan naskah video / televisi untuk jenjang TKLB–B sebagai cetak biru (blue print) dari prototipa program .

B. Tujuan

Lokakarya ini dilaksanakan untuk Penyusunan Penulisan Naskah TKLB-B

Sebanyak 26 judul antara lain :

1. Bidang Pengembangan Kognitif sebanyak 6 judul

2. Bidang Pengembangan Kemampuan Berbahasa sebanyak 5 judul

3. Bidang Pengembangan Fisik dan Motorik sebanyak 5 judul

4. Bidang Pengembangan Seni sebanyak 5 judul

5. Bidang Pengembangan Khusus sebanyak 5 judul

C. Hasil yang diharapkan

Dengan selesainya panduan Lokakarya Penulisan Naskah Program Televisi Video Pembelajaran TKLB–B (Tunarungu) ini diharapkan tersedia 26 judul naskah untuk dapat diproduksi ( terlampir ) program antara lain :

1. 6 naskah bidang Pengembangan Kognitif

2. 5 naskah bidang Pengembangan Kemampuan Berbahasa

3. 5 naskah bidang Pengembangan Fisik dan Motorik

4. 6 naskah bidang Pengembangan Seni

5. 5 naskah bidang Pengembangan Khusus

D. Strategi Pelaksanaan

Untuk mencapai tujuan Lokakarya ini dilaksanakan dengan strategi sebagai berikut :

1. Untuk mengawali kegiatan Lokakarya Penulisan Naskah untuk TKLB-B ini terlebih dahulu melaksanakan Brainstorming antara Panitia, Penulis dan Para Pengkaji untuk penentuan tema yang akan ditulis.

2. Sebelum pelaksanaan Penulisan Naskah didahului dengan Paparan yang akan

disampaikan oleh narasumber dari Pustekkom dan diharapkan membaca Panduan

Penulisan Naskah yang telah diberikan oleh panitia

3. Dalam Penulisan ini diharapkan adanya pembagian segmen dalam naskah yang ditulis, sehingga pendekatan produksi yang akan dilaksanakan di kemudian hari menjadi lebih mudah dan efisien.

4. Hendaknya para penulis senantiasa berkonsultasi dengan para pengkaji terkait.

5. Untuk para pengkaji diharapkan dalam memberikan konsultasi atau masukan selalu menjaga kesinambungan proses produksi, mengingat setiap perubahan dalam naskah membawa dampak dalam pelaksanaan produksi, misal : terhadap alokasi waktu pelaksaan produksi, biaya, kualitas dan efisiensi.

E. Pihak yang dilibatkan

1. Panitia

1. Penanggung Jawab : Kepala Seksi Produksi

2. Ketua Panitia : Sudarmaji, S.Sn.

3. Sekretaris : Wahyudi

4. Anggota : Tatik Hardiyanti, A.Md.

2. Penulis Naskah

Dra. Ohorella Erma

Imam Khoyobi

Bintoro Setyawan, S.Sn.

Hanes Hery, P.S.Kom

Setiadi Puji W, A.Md.

Danu Wiratmoko, A.Md.

Dian Novera, S.Sos.

Hero Mega Surya

Situr Kuswantoro, S.Sn.

Bambang Budiharso, A.Md.

Johanes Kristanto, S.Pd.

Jatmoko, S.Pd.

Sri Lestari, S.Pd.

Djarwoko, S.Pd.

Insan Jamil, S.S.

Kunto Wibisono, S.E.

Joko Purnomo, S.T.

Edi Purnomo, S.Pd.

Drs. Yanu Sutedjo

Macshunah, S.Pd.

Abdurrachman, S.Pd.

Achmad Nurhadi, S.Pd.

Anifah Aridah, S.Pd.

Miseri, S.Pd.

Sri Supadmi, S.Pd

Drs. Saiful Bahri

3. Pengkaji Materi:

o Dra. Mas’udah, M.M.Pd.

o Dra. Meutia Ulfah, M.Si.

o Dr. Sri Setiowati, M.Pd.

o M. Reza, S.Psi., M.Si.

o Nurul Khotimah, S.Pd.

o Dr. Rahma Hasibuan, M.Kes.

o Dra. Nurhenti Ds., M.Sn.

o Zaitul Aminin, S.Pd., M.Pd.

o Rr Martiningsih, S.Pd., M.Pd.

4. Pengkaji Media:

o Drs. Riyanto Mulyoatmono

o Drs. Subijanto

o Uni Andriana

o Bambang Suprijono

o Liesye ERS

o Khusnul Khotimah

o Dra. Sulistiowati

o Utari Dewi, S.Sn.

o Ir. Hari Utomo

5. Ahli Pendidikan Luar Biasa (Pengkaji Bahasa Tulis) :

o Dra. Endang Purbaningrum, M.Kes.

o Drs. Wagino, M.Pd.

o Drs. Suparkun

o Dr. Yuliati, M.Pd.

F. Tempat dan Waktu Pelaksanaan.

Pelaksanaan kegiatan penulisan naskah program Video/televisi pembelajaran Taman Kanak Kanak Luar Biasa (TKLB-B) akan dilaksanakan selama lima hari tanggal 8 s/d `12 Pebruari 2010