Matematika SMA
12 min read
44. Mata
Pelajaran Matematika untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA)
A. Latar Belakang
Matematika
merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern,
mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan mengembangkan daya pikir
manusia. Perkembangan pesat di bidang
teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan
matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan
matematika diskrit. Untuk menguasai dan
mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat
sejak dini.
Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada
semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik
dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif,
serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik
dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi
untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan
kompetitif.
Standar kompetensi dan kompetensi dasar matematika
dalam dokumen ini disusun sebagai landasan pembelajaran untuk mengembangkan
kemampuan tersebut di atas. Selain itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan kemampuan
menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan ide atau
gagasan dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain.
Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam
pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal,
masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara
penyelesaian. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu
dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat model matematika,
menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.
Dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika
hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan
masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai
konsep matematika. Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran, sekolah diharapkan
menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer, alat peraga,
atau media lainnya. Selain itu, perlu ada pembahasan mengenai bagaimana
matematika banyak diterapkan dalam teknologi informasi sebagai perluasan
pengetahuan peserta didik.
B. Tujuan
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Memahami
konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan
konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam
pemecahan masalah
2.
Menggunakan
penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat
generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
3.
Memecahkan
masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika,
menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
4.
Mengomunikasikan
gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas
keadaan atau masalah
5.
Memiliki
sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin
tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan
percaya diri dalam pemecahan masalah.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Matematika pada
satuan pendidikan SMA/MA meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Logika
2. Aljabar
3. Geometri
4. Trigonometri
5. Kalkulus
6.
Statistika dan Peluang.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Aljabar
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk
pangkat, akar, dan logaritma
|
1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar,
dan logaritma
1.2 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan
yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma
|
2.
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi
kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
|
2.1 Memahami konsep fungsi
2.2 Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan
fungsi kuadrat
2.3 Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan
dan pertidaksamaan kuadrat
2.4 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
2.5 Merancang model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat
2.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya
|
3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel
|
3.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem
persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel
3.2 Merancang model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear
3.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya
3.4 Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang
melibatkan bentuk pecahan aljabar
3.5 Merancang model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel
3.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya
|
Kelas X, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Logika
4. Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan
dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
|
4.1
Memahami
pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasinya
4.2
Menentukan
nilai kebenaran dari suatu per-nyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
4.3
Merumuskan
pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor
yang diberikan
4.4
Menggunakan
prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan
pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah
|
Trigonometri
5. Menggunakan perbandingan,
fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
|
5.1
Melakukan
manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan
perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
5.2
Merancang
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi,
persamaan dan identitas trigonometri
5.3
Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi,
persamaan dan identitas trigonometri, dan penafsirannya
|
Geometri
6. Menentukan kedudukan, jarak,
dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi
tiga
|
6.1
Menentukan
kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
6.2
Menentukan
jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga
6.3
Menentukan
besar sudut antara garis dan bidang dan antara dua bidang dalam ruang dimensi
tiga
|
Program Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas XI, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Statistika dan Peluang
1. Menggunakan aturan statistika,
kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah
|
1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang,
garis, lingkaran, dan ogive
1.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram
batang, garis, lingkaran, dan ogive
serta penafsirannya
1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan
ukuran penyebaran data, serta penafsirannya
1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan
kombinasi dalam pemecahan masalah
1.5 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya
|
Trigonometri
2. Menurunkan
rumus trigonometri dan penggunaannya
|
2.1 Menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah dua
sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus
sudut tertentu
2.2 Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan
kosinus
2.3 Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan
kosinus
|
Aljabar
3. Menyusun persamaan lingkaran dan garis
singgungnya
|
3.1 Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi
persyaratan yang ditentukan
3.2 Menentukan persamaan garis singgung pada
lingkaran dalam berbagai situasi
|
Kelas XI, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Aljabar
4. Menggunakan aturan sukubanyak dalam
penyelesaian masalah
|
4.1 Menggunakan
algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian
4.2 Menggunakan
teorema sisa dan teorema faktor dalam pemecahan masalah
|
5
Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi
|
5.1 Menentukan komposisi
fungsi dari dua fungsi
5.2 Menentukan invers suatu fungsi
|
Kalkulus
6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan
fungsi dalam pemecahan masalah
|
6.1 Menjelaskan secara
intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di takhingga
6.2 Menggunakan sifat limit
fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri
6.3 Menggunakan konsep dan
aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi
6.4 Menggunakan turunan untuk
menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah
6.5 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim
fungsi
6.6 Menyelesaikan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya
|
Program Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas XII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kalkulus
1. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan
masalah
|
1.1 Memahami
konsep integral tak tentu dan integral tentu
1.2 Menghitung
integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi
trigonometri yang sederhana
1.3 Menggunakan
integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volum benda putar
|
Aljabar
2. Menyelesaikan masalah program linear
|
2.1
Menyelesaikan
sistem pertidaksamaan linear dua variabel
2.2 Merancang
model matematika dari masalah program linear
2.3 Menyelesaikan
model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya
|
3. Menggunakan konsep matriks, vektor, dan
transformasi dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks
untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks
persegi lain
3.2 Menentukan determinan dan invers
matriks 2 x 2
3.3 Menggunakan determinan dan invers dalam
penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
3.4 Menggunakan sifat-sifat dan operasi aljabar
vektor dalam pemecahan masalah
3.5 Menggunakan sifat-sifat dan operasi
perkalian skalar dua vektor dalam pemecahan masalah.
3.6 Menggunakan transformasi geometri yang dapat
dinyatakan dengan matriks dalam pemecahan masalah
3.7 Menentukan komposisi dari beberapa
transformasi geometri beserta matriks transformasinya
|
Kelas XII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Aljabar
4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam
pemecahan masalah
|
4.1 Menentukan
suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
4.2 Menggunakan
notasi sigma dalam deret dan induksi matematika dalam pembuktian
4.3 Merancang
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret
4.4 Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan penafsirannya
|
5. Menggunakan aturan yang berkaitan dengan fungsi
eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah
|
5.1 Menggunakan sifat-sifat fungsi
eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah
5.2 Menggambar
grafik fungsi eksponen dan logaritma
5.3 Menggunakan
sifat-sifat fungsi eksponen atau logaritma dalam penyelesaian pertidaksamaan
eksponen atau logaritma sederhana
|
Program Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas XI, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Statistika dan Peluang
1. Menggunakan aturan statistika,
kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah
|
1.1 Membaca
data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
1.2 Menyajikan
data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya
1.3 Menghitung
ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta
menafsirkannya
1.4 Menggunakan
aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
1.5 Menentukan
ruang sampel suatu percobaan
1.6 Menentukan
peluang suatu kejadian dan penafsirannya
|
Kelas XI,
Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Aljabar
2. Menentukan komposisi dua fungsi dan invers
suatu fungsi
|
2.1 Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
2.2
Menentukan
invers suatu fungsi
|
Kalkulus
3. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan
fungsi dalam pemecahan masalah
|
3.1
Menghitung limit fungsi aljabar sederhana di suatu titik
3.2
Menggunakan
sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar
3.3
Menggunakan
sifat dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi aljabar
3.4
Menggunakan
turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi aljabar dan memecahkan
masalah
3.5
Merancang
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi aljabar
3.6
Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi aljabar
dan penafsirannya
|
Program Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kalkulus
1. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan
masalah sederhana
|
1.1 Memahami
konsep integral tak tentu dan integral tentu
1.2 Menghitung
integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar sederhana
1.3 Menggunakan
integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva
|
Aljabar
2. Menyelesaikan masalah program linear
|
2.1 Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear
dua variabel
2.2 Merancang model matematika dari masalah
program linear
2.3 Menyelesaikan
model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya
|
3. Menggunakan matriks dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks
untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks
persegi lain
3.2 Menentukan
determinan dan invers matriks 2 x 2
3.3 Menggunakan
determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
|
Kelas XII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Aljabar
4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam
pemecahan masalah
|
4.1 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
4.2 Merancang model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret
4.3 Menyelesaikan model matematika
dari masalah yang berkaitan dengan deret dan menafsirkan solusinya
|
Program Bahasa
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Statistika
dan Peluang
1. Melakukan pengolahan, penyajian dan
penafsiran data
|
1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram
batang, garis, lingkaran, dan ogive
serta pemaknaannya
1.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram
batang, garis, lingkaran, dan ogive
serta pemaknaannya
1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak dan
ukuran penyebaran data, serta menafsirkannya
|
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Statistika
dan Peluang
2. Menggunakan kaidah pencacahan untuk
menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya
|
2.1 Menggunakan sifat dan
aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
2.2 Menentukan ruang sampel
suatu percobaan
2.3 Menentukan peluang suatu kejadian dan
menafsirkannya
|
Program Bahasa
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Aljabar
1. Menyelesaikan masalah program linear
|
1.1 Menyelesaikan
sistem pertidaksamaan linear dua variabel
1.2 Merancang
model matematika dari masalah program
linear
1.3 Menyelesaikan
model matematika dari masalah program
linear dan menafsirkan solusinya
|
2. Menggunakan matriks dalam pemecahan masalah
|
2.1 Menggunakan
sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi
merupakan invers dari matriks persegi lain
2.2 Menentukan
determinan dan invers matriks 2 x 2
2.3 Menggunakan
determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
|
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Aljabar
3 Menggunakan konsep barisan dan deret dalam
pemecahan masalah
|
3.1 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
3.2 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan deret dan menafsirkan solusinya
|
E. Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi
pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan
Standar Proses dan Standar Penilaian.
Post a Comment