Peningkatan Prestasi Belajar Himpunan Melalui Penggunaan Portal Rumah Belajar
4 min read
Oleh: Rr.
Martiningsih
Guru SMP Muhammadiyah 1 Surabaya, Jln. Kapasan 73-75 Surabaya,
Guru SMP Muhammadiyah 1 Surabaya, Jln. Kapasan 73-75 Surabaya,
Matematika dianggap sulit, maka guru harus
mengupayakan kemudahan dalam belajar dengan mempergunakan media yang sesuai.
Kemudahan belajar diberikan melalui kombinasi antara pembelajaran individual
personal dengan pengalaman. Seorang guru harus mengenal sifat-sifat khas dari
setiap media pembelajaran, yang penting untuk penguasaan setiap teknik
penyajian, agar guru mampu mengetahui, memahami dan trampil menggunakannya,
sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Bila seorang guru melakukan aktivitas,
maka terjadi dua aktivitas yaitu aktivitas mengajar dan aktivitas belajar. Aktivitas
mengajar menyangkut peranan seorang guru dalam konteks mengupayakan terciptanya
jalinan komunikasi harmonis antara mengajar itu sendiri dengan pembelajar.
Atas dasar pemikiran ini, Ibu Martiningsih, guru SMP
Muhammadiyah 1 Surabaya melakukan penelitian tentang bagaimana penerapan Portal
Rumah Belajar sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika
materi Himpunan dengan memilih obyek penelitian yaitu siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah
1 tahun ajaran 2012 – 2013. Penggunaan Portal Rumah Belajar dianggap sesuai,
karena salah satu keunggulan internet adalah mampu melakukan komunikasi secara
interaktif dan bersifat global, serta beberapa hasil penelitian tentang
pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi untuk keperluan pendidikan
diketahui memberikan dampak positif.
Portal Rumah Belajar adalah Program Layanan Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) Pembelajaran online. Portal Rumah Belajar
tentang irisan dan gubungan dua himpunan ini beralamat di
http://belajar.kemdiknas.go.id/index3.php?display=view&mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/SMP/view&id=160&uniq=all
Portal rumah belajar kemendiknas ini dilengkapi dengan
Bahan Pemelajaran Interaktif, Forum, Bank Soal, Katalog Media dan RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran). Kompetensi dari pembelajaran mempergunakan Portal
Rumah Belajar ini adalah: Siswa dapat mengklasifikasikan suatu himpunan, Siswa
dapat menggunakan irisan dua himpunan untuk memecahkan masalah, Siswa dapat
menggunakan gabungan dua himpunan untuk memecahkan masalah.
Portal Rumah Belajar membantu menyelesaikan
masalah–masalah yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari dengan
menggunakan pengetahuan kita tentang himpunan, khususnya irisan dan gabungan
dua himpunan.
Penelitian yang dilakukan ini didasarkan atas
penelitian terdahulu dari Nurdin Ibrahim, Purwanto, dan Oos M.Anvas telah
melakukan penelitian dengan judul Studi Penyelenggaraan Jaringan Sekolah yang
dimuat di Jurnal Teknodik no 14/VIII/TEKNODIK/Juni/2004. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam
penyelenggaraan jaringan sekolah, karena penemuan internet dianggap sebagai
penemuan yang cukup besar yang mengubah dunia. Pemanfaatan internet untuk
pendidikan/pembelajaran merupakan perubahan radikal pengaruh kemajuan teknologi
informasi (Ibrahim, 2004:6).
Penelitian yang dilakukan ini didasarkan atas
penelitian terdahulu dari Nurdin Ibrahim, Purwanto, dan Oos M.Anvas telah
melakukan penelitian dengan judul Studi Penyelenggaraan Jaringan Sekolah yang
dimuat di Jurnal Teknodik no 14/VIII/TEKNODIK/Juni/2004. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam
penyelenggaraan jaringan sekolah, karena penemuan internet dianggap sebagai penemuan
yang cukup besar yang mengubah dunia. Pemanfaatan internet untuk
pendidikan/pembelajaran merupakan perubahan radikal pengaruh kemajuan teknologi
informasi (Ibrahim, 2004:6).
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A
SMP Muhammadiyah 1, tahun pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 siswa.
Pengambilan subjek penelitian dengan pertimbangan kelas tersebut memiliki nilai
kurang baik untuk materi irisan dan gabungan dua himpunan, dari hasil tes awal
sebanyak 30 siswa, 8 siswa belum tuntas dan baru 22 siswa yang mencapai
ketuntasan, dengan kriteria ketuntasan minimal sebesar 75.
Peningkatan prestasi belajar siswa terjadi setelah
guru mempergunakan portal Rumah Belajar saat pembelajaran. Saat siklus pertama,
guru mengoperasikan Portal Rumah Belajar dari Netbook milik guru yang
ditayangkan dengan layar LCD, dalam memasukkan berapa angka anggota himpunan,
siswa yang menyampaikan berapa angka yang dimaksud. Kesulitan muncul karena
netbook hanya satu, sehingga siswa kurang maksimal dalam mengeksplorasi keingintahuannya.
Saat siklus kedua pemanfaatan Portal Rumah Belajar dilaksanakan di ruang
Laboratorium TIK, sehingga, setiap siswa dapat mempergunakan satu netbook, yang
menyebabkan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dengan indikator siswa
belajar dengan gembira, bersikap akrab dengan guru, belajar tanpa kelihatan
tertekan, akrab dengan sesama siswa, dan bersikap terbuka dengan guru. Tanggung
jawab dan kemandirian siswa juga meningkat ditandai dengan siswa memiliki rasa
percaya diri dalam mengerjakan tugas, mengerjakan tugas sesuai aturan,
mempersiapkan alat-alat pembelajaran dengan baik, antusias dalam mengerjakan
tugas, serta tepat waktu dalam mengerjakan tugas.
Pembelajaran dengan Portal Rumah Belajar juga
meningkatkan keberanian berekspresi, ditandai dengan siswa berani memasukkan
data pada simulasi irisan dan gabungan dua himpunan pada Portal Rumah Belajar,
berani berpendapat, dan menjawab pertanyaan guru dengan baik.
Pemanfaatan Portal Rumah Belajar membuat siswa lebih
banyak melakukan dalam belajar daripada mendengarkan ceramah, pembelajaran
terfokus pada siswa, dan siswa mampu mencari pengetahuan sendiri.
Tindakan guru yang banyak memberi kesempatan siswa
untuk mencoba mengisikan angka terhadap isian pada diagram venn irisan dan
gabungan himpunan membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Tindakan
guru dengan memberi tugas individu pada tiap kelompok memberi kontribusi
besar terhadap peningkatan rasa tanggung jawab siswa.
Presentasi yang dilakukan siswa tentang hasil pembelajaran dengan Portal Rumah
Belajar memberi sumbangan besar terhadap rasa percaya diri siswa. Dengan
penerapan pembelajaran dengan Portal Rumah Belajar, maka pembelajaran menjadi
lebih menarik dan meneyenangkan.
Kesimpulan pada penelitian ini: 1) Penggunaan Portal
Rumah Belajar pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1, terbukti
meningkatkan prestasi belajar siswa, sebelum tindakan siswa yang tuntas
belajar sebanyak 22 siswa atau 73,3 %, pada Siklus I siswa yang tuntas
sebanyak 23 siswa atau 76,7 %, sedang pada Siklus II siswa yang
tuntas sebanyak 28 siswa atau 93,3 %. Sehingga dilihat dari
ketuntasan belajar dari sebelum dilakukannya tindakan sampai dengan Siklus II
terdapat peningkatan. 2) Penggunaan Portal Rumah Belajar terbukti dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran irisan dan gabungan dua himpunan di kelas
VII A SMP Muhammadiyah 1. Sebelum tindakan sebesar 2.00, sedang pada siklus I
sebesar 3.00 dan pada Siklus II sebesar 4.50. Dengan demikian kualitas
pembelajaran dari sebelum tindakan sampai dengan Siklus II terjadi
peningkatan.
Saran pada penelitian ini, 1) Guru harus mempergunakan
media pembelajaran yang menarik, agar siswa termotivasi untuk belajar, 2) Guru
hendaknya memiliki paradigma bahwa guru bukan satu-satunya sumber belajar, 3)
Pembelajaran Matematika hendaknya disampaikan dengan menggunakan media
yang mampu menyenangkan siswa dan mampu membuat siswa aktif
Post a Comment