RPP Kurikulum 2013 terintegrasi TVE
6 min read
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Siaran TVE Hari
Rabu 2 Oktober 2013 jam 09.00
Satuan Pendidikan : SMP Muhammadiyah 1 Surabaya
Kelas/Semester : IX/1
Alokasi Waktu : 2
x 40 menit
Materi : Luas dan Volume
KOMPETENSI INTI:
KI -1 :
Menerima, menjalankan,dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya
KI-2 :
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI
DASAR
090307
Menentukan luas selimut dan volume
tabung, kerucut, dan bola
INDIKATOR
1. Mampu menentukan luas selimut tabung
2. Mampu menentukan luas selimut kerucut
3. Mampu menentukan luas selimut bola
4. Mampu menentukan volume tabung
5. Mampu menentukan volume kerucut
6. Mampu menentukan volume bola
TUJUAN
1. Diberikan contoh dari tayangan TV Edukasi, diharapkan siswa mampu
menentukan luas selimut tabung
2. Diberikan contoh dari tayangan TV Edukasi, diharapkan siswa mampu
menentukan luas selimut kerucut
3. Diberikan contoh dari tayangan TV Edukasi, diharapkan siswa mampu
menentukan luas selimut bola
4. Diberikan contoh dari tayangan TV Edukasi, diharapkan siswa mampu
menentukan volume tabung
5. Diberikan contoh dari tayangan TV Edukasi, diharapkan siswa mampu
menentukan volume kerucut
6. Diberikan contoh dari tayangan TV Edukasi, diharapkan siswa mampu
menentukan volume bola

Luas alas pada tabung


Luas tabung 

Luas tabung



Volume tabung


KERUCUT
![]() |
Luas alas 

Luas selimut 

Luas permukaan
,
atau




Volume 

![]() |
Luas permukaan Bola 
Volume Bola 
Metode
Pembelajaran
Pendekatan: saintifik
Metode : discovery, diskusi
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1) Lingkungan sekitar
2) Siaran TVE Hari Rabu 2 Oktober 2013 jam
09.00
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (jam 09.00)
1) Mengkondisikan siswa untuk belajar mempergunakan siaran TV Edukasi dan memotivasi
siswa terkait pelajaran hari ini tentang luas permukaan dan volume limas serta
prisma
2) Pengaturan awal menyepakati
hal-hal yang dipelajari sesuai pelajaran hari ini, mencatat hal-hal yang akan
ditanyakan
3) Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini
2.
Inti
MENGAMATI
(jam 09.01)
§
Mengamati
siaran Tve yang berkaitan dengan luas dan volume
MENANYA
(jam 09.30)
§
Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk
bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana manusia menghitung, menemukan, menaksir luas dan volume berbagai benda
di sekeliling kita berdasar
siaran TV Edukasi yang baru saja disaksikan
§
(jam
09.40)
§
Membahas
dan diskusi dengan teman sebangku mengerjakan LKS mempertanyakan berbagai aspek
luas dan volume, misal: apa kelebihan dan manfaat pengetahuan
dan penggunaan masalah luas dan volume dsb
EKSPLORASI
§
Membahas,
menjelaskan strategi dan melakukan percobaan untuk menemukan dan menghitung
luas permukaan serta volume tabung,
kerucut, dan bola atau berdasarkan konep luas dan volume bangun prisma dan
limas.
§
Berlatih
menentukan luas, volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan tabung, kerucut, dan bola
ASOSIASI
§
Menyelidiki, menganalisis dan menjelaskan melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan luas dan volume
§
Menyelidiki,
menganalisis dan menyimpulkan unsur-unsur rumus
luas dan volume serta perilaku
hubungan fungisonalnya
KOMUNIKASI
§
Menyajikan
secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa
yang telah dipelajari dari tayangan siaran TVe
§
Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan
dan alasan, memberikan tambahan
informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami,
keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan,
merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari
ini.
PENILAIAN
1. Teknik dan
Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
·
Pengamatan Sikap
|
·
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian
|
·
Portofolio
|
·
Panduan Penyusunan Portofolio
|
2. Contoh
Instrumen
a.
Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan
rasa syukur kepada Tuhan
|
|
|
|
|
2
|
memiliki
rasa ingin tahu (curiosity)
|
|
|
|
|
3
|
menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja
baik secara individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan
rasa syukur kepada Tuhan YME
|
3:
menunjukkan ekspresi rasa syukur
kepada Tuhan YME pada satu atau lebih kesempatan (topik)
2: belum secara eksplisit menunjukkan
ekspresi atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan
saat refleksi
1:
belum menunjukkan ekspresi rasa
syukur, atau menaruh minat terhadap terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi
|
2
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu
|
3:
menunjukkan rasa ingin tahu yang
besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2:
menunjukkan rasa ingin tahu, namun
tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
ketika disuruh
1:
tidak menunjukkan antusias dalam
pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
3
|
Menunjukkan
ketekunan dan tanggungjawab
dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan
hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2:
berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1:
tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
Penilaian tertulis
Tugas individu luas dan volume bangun,
berdasarkan LKS
PENILAIAN
UNJUK KERJA
No
|
Nama Siswa
|
Kemampuan
Siswa
|
||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor
tes:
5.
Performance sangat baik , 90-100
= A
4.
Performance baik, 80-89 = B
3.
Performance cukup , 70-79 = C
2.
Performance kurang, 60-69 = D
1.
Performance tidak baik, <
60 = E
PENILAIAN
PORTOFOLIO
Semua hasil kerja siswa di atas dikumpulkan untuk
penilaian portofolio
Program Tindak
Lanjut
Bagi siswa yang hasil tes evaluasinya mendapat
nilai kurang dari nilai KKM, maka siswa tersebut harus mengkuti program
remidial, dan bagi siswa yang hasil tes evaluasinya mendapat nilai lebih dari
nilai KKM, maka siswa tersebut mendapat program pengayaan.
Mengetahui
Surabaya, Oktober 2013
Kepala SMP Muhammadiyah 1
Guru Matematika
Drs. H. Suprijanto Rr.
Martiningsih, M.Pd.
NBM 767 567 NBM 1089 637
Post a Comment