Eri Cahyadi Walikota Surabaya Menerima Buku Menebak Tanggal Lahir
2 min read
Sambutan
Drs. Abu Khaer, M.Pd.
Pernah bekerja sebagai tim pengembang media pembelajaran berbasis TIK, saat ini bertugas di PPPPTK TK dan PLB Kemendikbudristek.
Literasi Numerasi yang Menyenangkan
Ikhtiar meningkatkan literasi numerasi melalui pembelajaran dalam satu atau lintas mata pelajaran menjadi perhatian kita semua. Bersyukur buku bagus yang sedang kita pegang dan apresiasi ini adalah bagian dari sebuah upaya yang tiada henti dalam mewujudkan harapan kita yang akan dicapai oleh peserta didik setelah menempuh satu satuan pembelajaran atau jenjang pendidikan tertentu. Setidaknya ada tiga lesson learnt serta inspirasi dari Komik Pembelajaran Menebak Tanggal Lahir karya Ibu Rr. Martiningsih.
Pertama, komponen pembelajaran numerasi, yakni tentang domain bilangan--pembelajaran bilangan ditempuh melalui permainan menebak tanggal lahir. Walau disampaikan melalui media permainan, kegiatan ini pada intinya merupakan penguatan untuk konsep penjumlahan bilangan asli. Pengemasan pesan pembelajaran yang dalam media komik ini sangat sesuai dengan filosofi pembelajaran matematika berbasis konteks. Dalam hal ini, konteks yang diambil adalah permainan menebak tanggal lahir. Pembelajaran matematika berbasis konteks akan lebih memberikan makna dan menyenangkan bagi peserta didik, daripada hanya sekadar memahami rumus dan persamaan, lalu mengerjakan latihan soal. Tujuan yang diharapkan dari pembelajaran matematika berbasis konteks adalah meningkatnya kemampuan numerasi peserta didik, karena pada hakikatnya kemampuan numerasi adalah keterampilan mengaplikasikan kaidah matematika dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kedua, adalah media komik pembelajaran melalui permainan menebak tanggal lahir yang ditulis dalam buku ini disajikan melalui media komik. Penggunaan media komik dalam pembelajaran matematika, telah didukung oleh beberapa hasil penelitian yang menguatkan nilai keefktifan. Keberadaan komik relatif disenangi oleh anak-anak merupakan kondisi yang mendukung terciptanya kesejahteraan murid atau students wellbeing dalam belajar.
Ketiga, pendayagunaan teknologi nformasi dan komunikasi (TIK) dalam pengembangan komik pembelajaran ini melalui aplikasi yang digunakan adalah praktik baik dan merupakan inspirasi bagi sahabat-sahabat guru atau pengembang media pembelajaran. Peran teknologi sangat penting dalam kegiatan belajar dan mengajar tak terkecuali bidang matematika. Melalui teknologi dapat memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengeksplorasi ide-ide matematika dan mendukung mereka dalam membuat koneksi baik di dalam maupun di luar matematika.
Selamat menikmati dan mengapresiasi suguhan menu komik pembelajaran bersama cucu, anak, kerabat dan pemerhati pembelajaran yang senantiasa merindukan inovasi-inovasi menjadikan pembelajaran makin bermakna dalam suasana yang menyenangkan. Terima kasih Sahabat, Ibu Rr. Martiningsih, kami terus menunggu karya berikutnya…
Bandung, Januari 2022
Post a Comment