Karakteristik Media Sosial
2 min read

Media sosial memiliki karakteristik khusus untuk membedakannya dengan media lainnya, karena media sosial dibentuk dari pemahaman bagaimana suatu media dapat digunakan sebagai sarana sosial di dunia virtual. Bukan berarti media sosial tidak memiliki karakter umum maupun makro, hanya pembahasan karakteristik media sosial ini diperlukan untuk melihat perbedaannya dengan media lain (Castella, 2004; Talalay et al., 1997; Thurlow, Lengel & Tomic, 2004 di kutip dalam buku Media Sosial (Nasrullah, 2015:15)). Adapun karakteristik media sosial, yaitu:
a. Jaringan (Network) Antar Pengguna. Kata “jaringan” bisa dipahami dalam terminologi yang berarti infrastruktur yang menghubungkan antara komputer maupun perangkat keras lainnya. Koneksi ini diperlukan antar pengguna karena komunikasi bisa terjadi jika antar komputer terhubung
b. Informasi (Information). Informasi menjadi bagian penting dari media sosial, karena pengguna media
sosial dapat mengkreasi representasi identitasnya, memproduksi konten, dan melakukan interaksi berdasarkan informasi yang dibuat dan diterima sesama pengguna media sosial.
c. Arsip (Archieve). Bagi pengguna media sosial, arsip menjelaskan bahwa informasi yang telah diakses akan tersimpan melalui perangkat apapun. Informasi yang diunggah tidak akan hilang begitu saja dan dengan mudahnya bisa diakses kapanpun.
d. Interaksi (Interactivity) Jaringan antarpengguna tidak sekedar diperlukan untuk memperluas hubungan pertemanan tetapi harus dibangun interaksi sesama pengguna media sosial, seperti memberi komentar pada halaman Facebook, menyukai konten Youtube, dan saling membagikan momen atau kejadian pada akun masingmasing.
e. Simulasi (Simulation) Sosial Kesadaran yang nyata di benak khalayak semakin berkurang dan tergantikan dengan realitas semu. Khalayak terkadang tidak bisa membedakan antara yang nyata dan yang ada di layar.
f. Konten Oleh Pengguna (User Generated Content) Konten yang dimiliki media sosial sepenuhnya milik dan berdasarkan pengguna atau pemilik akun. Jadi apapun yang ditampilkan oleh akun tersebut, berupa informasi dan lain sebagainya itu merupakan tanggung jawab pemilik akun tersebut. g. Penyebaran (Share/Sharing) Penyebaran merupakan karakter lainnya dari media sosial, hal ini menjadikan ciri khas karena menunjukkan bahwa khalayak aktif dalam menyebarkan konten sekaligus mengembangkannya
Post a Comment