2. Eni Susilawati
3. Amar Nugraha
4. Raden Roro Martiningsih
5. Dona Yulia Sari
6. Dede Solihudin
7. Leonnardo Sijabat
8. Roby Setia Pramana
9. Fauzan Masri
10. Reevi Haryanto
11. Luh Eka Yanthi
12. Maria Gloria Gorety Watu Raka
13. Noval Abdillah
Peserta kegiatan Pembimbingan Sinkronous Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK Level 3) Gelombang 3.
Jumlah peserta yang mengikuti Kegiatan Pembatik Level 3 Gelombang 12 sebanyak 485 guru yang berasal dari:
1. Jawa Tumur
2. Jambi
3. Sumatera Barat
4. Kepulauan Riau
5. Bengkulu
6. Luar Negeri
Sehingga setiap tutor membimbing 34 – 35 guru peserta PembaTIK LEVEL 3 Gelombang 3
Metode Pelaksanaan Kegiatan
Langkah awal yang dilakukan adalah membuka forum diskusi untuk menyapa dan membantu guru bila mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi simpatik. Selama masa pembimbingan pembatik level 3 gelombang 3 ini, fasilitator/ instruktur meminta semua peserta untuk mempelajari modul-modul yang ada di kelas online Pembatik level 3. Berikut adalah struktur materi dalam Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK Level 3)
No |
Materi |
Alokasi Waktu/ Jam
Pelatihan |
|
Teori |
Praktek |
||
1 |
Media
Pembelajaran Berteknologi Digital a.
Menyiapkan Pembelajaran dengan Media Berteknologi
Digital b.
Jenis
Media Pembelajaran Berteknologi Digital c.
Menerapkan Pembelajaran dengan Media
Berteknologi Digital |
4 |
4 |
2 |
Pengembangan Multimedia Pembelajaran
Interaktif a.
Membuat Project Baru b.
Membuat Tampilan Opening c.
Menyisipkan Teks, Gambar, Audio, Video,
dan Animasi untuk Isi Uraian Materi d.
Membuat Latihan Interaktif a.
Mempublish Hasil |
4 |
10 |
3 |
Inovasi Pembelajaran Memanfaatkan
Multimedia Interaktif a.
Mengintegrasikan Beragam Teknologi dalam Pengembangan Konten Multimedia Interaktif. b.
Menerapkan Inovasi Pembelajaran Memanfaatkan Multimedia Interaktif. |
4 |
6 |
Total |
32 |
1. Akses GDrive TIDAK DIBUKA
2. File Zip diberi PASSWORD
3. File index tidak berekstensi html, sehingga program tidak bisa dibuka
4. Folder hanya berisi 1 file -- index.html, tanpa aset-aset lainnya sehingga program tidak bisa dibuka
5. File berupa VIDEO bukan MPI
Kendala yang dialami masing-masing peserta berbeda-beda, berupa kendala teknis dan non teknis. Untuk kendala teknis, fasilitator/ instruktur seringkali harus berdiskusi dengan tim aplikasi Rumah Belajar untuk mencari solusi terbaik. Beberapa kendala lain yang dihadapi peserta dalam pelaksanaan PembaTIK Level 3 terangkum sebagai berikut:
1) Kesulitan saat Login ke Rumah Belajar
2) Kesulitan dalam Mengunggah karya MPI ke repos
3) Kesulitan dalam Menyisipkan MPI ke sumber belajar
Materi Pembimbingan
Secara garis besar, pelaksanaan pembimbingan dilakukan dengan:
1) Membimbing peserta terhadap materi yang terdiri dari 3 modul yang harus dipelajari secara mandiri yaitu Media Pembelajaran Berteknologi Digital, Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dan Inovasi Pembelajaran Memanfaatkan Multimedia Interaktif
2) Peserta diberikan kuis dan ativitas belajar pada setiap modul untuk mengukur kemampuan capaian kompetensi (self evaluation).
3) Peserta dibimbing dalam menyelesaikan tugas membuat Multimedia pembelajaran Interaktif, melalui pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis rumah belajar (pertemuan sinkronous), bimbingan sikronous dalam bentuk zoom conference dan melalui forum diskusi serta telegram group.
4) Peserta diberikan ujian akhir tanggal 22 dan 23 September 2021.
Hasil Yang diperoleh
Hasil dari kegiatan pembimbingan pada guru peserta diklat pembaTIK level 3 ini adalah sebagian besar peserta berhasil menyelesaikan tugas utama, yaitu mengunggah tugas akhir berupa Multimedia Pembelajaran Interaktif dan mengerjakan ujian akhir di aplikasi simpatik. Perlu diingat bahwa nilai akhir diklat pembaTIK adalah gabungan dari nilai tugas (60%) ditambah nilai ujian akhir (30%), Bimbingan sinkoronous (5%) dan Bimbingan dalam forum diskusi (5%). Minimal nilai kelulusan adalah 70.
Kesimpulan dan Tindak lanjut
Secara umum PembaTIK Level 3 dapat dikatakan berjalan dengan lancar dan untuk memudahkan komunikasi dengan para peserta, memantau perkembangan, merespon pertanyaan, kendala, dan memotivasi peserta, fasilitator juga membentuk telegram group, namun tetap ada beberapa kendala di antaranya:
1) Pada diskusi di forum diskusi kelas simpatik yang disampaikan hanya sedikit peserta yang aktif merespon tema dan feedback.
2) materi pembaTIK diapresiasi peserta, namun kendala umum yang disampaikan terutama terkait kesulitan dalam mengunggah MPI ke Sumber Belajar di Rumah Belajar. Mungkin itu yang menyebabkan beberapa peserta mengalami hambatan dalam mengunggah tugas dan menyelesaikan ujian akhir.
3) Pembimbingan justru lebih aktif dilakukan melalui telegram group. Peserta banyak berdiskusi aktif pada group telegram, dan pembimbing juga banyak memberikan contoh-contoh terkait tips and trick pengembangan MPI pembelajaran.
Rencana tindak Lanjut Hasil Pembimbingan
1) Aplikasi harus lebih tangguh dan user friendly
2) Kendala bottle neck yang terjadi pada fitur upload sumber belajar di belajar.kemdikbud.go.id/repos harus dapat diatasi dengan baik.
3) Perlu ada evaluasi penyebab peserta tidak menuntaskan pembelajaran/tidak lulus.
4) Perlu dipilih topik diskusi yang lebih menarik di forum diskusi, sehingga peserta aktif di dalamnya. Selain itu, fitur forum diskusi mungkin bisa dibuat notifikasi di hp peserta, sehingga peserta dapat merespon cepat.
No comments:
Post a Comment