Labels

Thursday, September 23, 2021

LAPORAN PELAKSANAAN PEMBIMBINGAN PEMBATIK LEVEL 3 GELOMBANG 3

LAPORAN PELAKSANAAN PEMBIMBINGAN PEMBATIK LEVEL 3 GELOMBANG 3




PUSAT DATA DAN INFORMASI
KEMENDIKBUD RISTEK
TAHUN 2021

Pendahuluan
Latar Belakang
Filosofi pendidikan Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, tut wuri handayani dari Ki Hajar Dewantara menginspirasi digulirkannya kebijakan program Merdeka Belajar oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Filosofi pendidikan ini bukan slogan semata, namun sarat pesan kepada kita bahwasanya lingkungan pendidikan menumbuhkan kemerdekaan dan kemandirian dalam pembelajaran. Merdeka Belajar memberi semangat perubahan untuk menentukan cara terbaik menerapkan metode pembelajaran. Dalam konteks ini, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menciptakan berbagai inovasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Pengintegrasian TIK ke dalam proses pembelajaran diperlukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, mengembangkan keterampilan dalam bidang TIK (ICT Literacy), dan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dan kemenarikan proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru sebagai penggerak pendidikan dituntut memiliki kompetensi keahlian yang cukup untuk memanfaatkan TIK yang ada, sehingga lebih optimal dalam penyampaian materi pelajaran di sekolah.

Penyelenggaraan program PEMBATIK merupakan wujud inovasi yang dilakukan oleh Pusdatin Kemdikbud Ristek untuk meningkatkan kesadaran guru dalam meningkatkan kompetesi terkait literasi TIK, implementasi model pembelajaran berbasis TIK, berkreasi dalam mengembangkan media-media pembelajaran berbasis TIK serta mendorong kemampuan guru dalam berbagi dan berkolaborasi melalui TIK.

PembaTIK dan pemilihan Duta Rumah Belajar merupakan upaya untuk peningkatan pemanfaatan portal Rumah Belajar dalam pembelajaran. Duta Rumah Belajar adalah guru-guru terpilih yang akan menggerakkan unsur-unsur lain yang diperlukan dalam meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran khususnya pemanfaatan fitu-fitur yang ada dalam rumah belajar. Dengan kompetensi yang dimilikinya, Duta Rumah Belajar merupakan penggerak yang mampu membangun budaya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran bagi guru dan komunitas. Dengan hadirnya Duta Rumah Belajar maka pemanfaatan portal Rumah Belajar akan lebih optimal dan efektif.

Salah satu upaya mengoptimalkan pendayagunaan Rumah Belajar sebagai pemanfaatan teknologi pembelajaran adalah dengan meningkatkan kemampuan SDM pengguna portal. Maka dengan itu, perlu dilaksanakan Kegiatan Pembimbingan Sinkronous Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK Level 3).

Tujuan
Tujuan dari kegiatan Kegiatan Pembimbingan Sinkronous Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK Level 3), yaitu membimbing dan meningkatkan kemampuan keterampilan guru peserta PembaTIK Level 3 dalam:
1. Memanfaatkan teknologi pembelajaran berteknologi digital
2. Mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif
3. Melakukan inovasi pembelajaran memanfaatkan multimedia interaktif

Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari Pembimbingan Sinkronous Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK Level 3), yaitu:
1. Terbimbingnya guru dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran berteknologi digital
2. Terbimbingnya guru dalam pengembangan multimedia pembelajaran interaktif
3. Terbimbingnya guru dalam melakukan inovasi pembelajaran memanfaatkan multimedia interaktif

Waktu dan Tempat
Pembimbingan Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK Level 3) dilaksanakan secara daring dari tanggal 7 s.d 23 September 2021, sementara itu pelaksanaan pembimbingan di gelombang 3 secara sinkorous melalui zoom conference dilakukan pada Rabu, 22 September 2021 Pukul 19.00 WIB

Zoom bit.ly/3CvzSDH
Meeting ID: 874 1372 0136
Passcode: 053339

Instruktur/tutor kegiatan Pembimbingan Sinkronous Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK Level 3) Gelombang 3
1. Agus Triarso
2. Eni Susilawati
3. Amar Nugraha
4. Raden Roro Martiningsih
5. Dona Yulia Sari
6. Dede Solihudin
7. Leonnardo Sijabat
8. Roby Setia Pramana
9. Fauzan Masri
10. Reevi Haryanto
11. Luh Eka Yanthi
12. Maria Gloria Gorety Watu Raka
13. Noval Abdillah

Peserta kegiatan Pembimbingan Sinkronous Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK Level 3) Gelombang 3.
Jumlah peserta yang mengikuti Kegiatan Pembatik Level 3 Gelombang 12 sebanyak 485 guru yang berasal dari:
1. Jawa Tumur
2. Jambi
3. Sumatera Barat
4. Kepulauan Riau
5. Bengkulu
6. Luar Negeri

Sehingga setiap tutor membimbing 34 – 35 guru peserta PembaTIK LEVEL 3 Gelombang 3

Metode Pelaksanaan Kegiatan
Langkah awal yang dilakukan adalah membuka forum diskusi untuk menyapa dan membantu guru bila mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi simpatik. Selama masa pembimbingan pembatik level 3 gelombang 3 ini, fasilitator/ instruktur meminta semua peserta untuk mempelajari modul-modul yang ada di kelas online Pembatik level 3. Berikut adalah struktur materi dalam Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK Level 3)


No

Materi

Alokasi Waktu/ Jam Pelatihan

Teori

Praktek

1

Media Pembelajaran Berteknologi Digital

a.      Menyiapkan Pembelajaran dengan Media Berteknologi Digital

b.      Jenis Media Pembelajaran Berteknologi Digital

c.       Menerapkan Pembelajaran dengan Media Berteknologi Digital

4

4

2

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif

a.      Membuat Project Baru

b.      Membuat Tampilan Opening

c.       Menyisipkan Teks, Gambar, Audio, Video, dan Animasi untuk Isi Uraian Materi

d.      Membuat Latihan Interaktif

a.      Mempublish Hasil

4

10

3

Inovasi Pembelajaran Memanfaatkan Multimedia Interaktif

a.      Mengintegrasikan Beragam Teknologi dalam Pengembangan Konten Multimedia Interaktif.

b.      Menerapkan Inovasi Pembelajaran Memanfaatkan Multimedia Interaktif.

4

6

Total

32

 

Forum diskusi juga berfungsi sebagai tempat peserta untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam memanfaatkan TIK. Fasilitator/ instruktur memonitoring dan menyemangati peserta untuk mengerjakan kuis, menyelesaikan tugas akhir, dan memberi solusi saat ada peserta kesulitan dalam mengakses ujian akhir online di kelas Pembatik level 3. Kegiatan bimbingan juga dilakukan melalui media sosial Whatsapp dan telegram. Kendala biasanya:
1. Akses GDrive TIDAK DIBUKA
2. File Zip diberi PASSWORD
3. File index tidak berekstensi html, sehingga program tidak bisa dibuka
4. Folder hanya berisi 1 file -- index.html, tanpa aset-aset lainnya sehingga program tidak bisa dibuka
5. File berupa VIDEO bukan MPI

Kendala yang dialami masing-masing peserta berbeda-beda, berupa kendala teknis dan non teknis. Untuk kendala teknis, fasilitator/ instruktur seringkali harus berdiskusi dengan tim aplikasi Rumah Belajar untuk mencari solusi terbaik. Beberapa kendala lain yang dihadapi peserta dalam pelaksanaan PembaTIK Level 3 terangkum sebagai berikut:

1) Kesulitan saat Login ke Rumah Belajar
2) Kesulitan dalam Mengunggah karya MPI ke repos
3) Kesulitan dalam Menyisipkan MPI ke sumber belajar

Materi Pembimbingan
Secara garis besar, pelaksanaan pembimbingan dilakukan dengan:
1) Membimbing peserta terhadap materi yang terdiri dari 3 modul yang harus dipelajari secara mandiri yaitu Media Pembelajaran Berteknologi Digital, Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dan Inovasi Pembelajaran Memanfaatkan Multimedia Interaktif
2) Peserta diberikan kuis dan ativitas belajar pada setiap modul untuk mengukur kemampuan capaian kompetensi (self evaluation).
3) Peserta dibimbing dalam menyelesaikan tugas membuat Multimedia pembelajaran Interaktif, melalui pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis rumah belajar (pertemuan sinkronous), bimbingan sikronous dalam bentuk zoom conference dan melalui forum diskusi serta telegram group.
4) Peserta diberikan ujian akhir tanggal 22 dan 23 September 2021.


Hasil Yang diperoleh
Hasil dari kegiatan pembimbingan pada guru peserta diklat pembaTIK level 3 ini adalah sebagian besar peserta berhasil menyelesaikan tugas utama, yaitu mengunggah tugas akhir berupa Multimedia Pembelajaran Interaktif dan mengerjakan ujian akhir di aplikasi simpatik. Perlu diingat bahwa nilai akhir diklat pembaTIK adalah gabungan dari nilai tugas (60%) ditambah nilai ujian akhir (30%), Bimbingan sinkoronous (5%) dan Bimbingan dalam forum diskusi (5%). Minimal nilai kelulusan adalah 70.



Kesimpulan dan Tindak lanjut
Secara umum PembaTIK Level 3 dapat dikatakan berjalan dengan lancar dan untuk memudahkan komunikasi dengan para peserta, memantau perkembangan, merespon pertanyaan, kendala, dan memotivasi peserta, fasilitator juga membentuk telegram group, namun tetap ada beberapa kendala di antaranya:

1) Pada diskusi di forum diskusi kelas simpatik yang disampaikan hanya sedikit peserta yang aktif merespon tema dan feedback.
2) materi pembaTIK diapresiasi peserta, namun kendala umum yang disampaikan terutama terkait kesulitan dalam mengunggah MPI ke Sumber Belajar di Rumah Belajar. Mungkin itu yang menyebabkan beberapa peserta mengalami hambatan dalam mengunggah tugas dan menyelesaikan ujian akhir.

3) Pembimbingan justru lebih aktif dilakukan melalui telegram group. Peserta banyak berdiskusi aktif pada group telegram, dan pembimbing juga banyak memberikan contoh-contoh terkait tips and trick pengembangan MPI pembelajaran.



Rencana tindak Lanjut Hasil Pembimbingan
1) Aplikasi harus lebih tangguh dan user friendly
2) Kendala bottle neck yang terjadi pada fitur upload sumber belajar di belajar.kemdikbud.go.id/repos harus dapat diatasi dengan baik.
3) Perlu ada evaluasi penyebab peserta tidak menuntaskan pembelajaran/tidak lulus.
4) Perlu dipilih topik diskusi yang lebih menarik di forum diskusi, sehingga peserta aktif di dalamnya. Selain itu, fitur forum diskusi mungkin bisa dibuat notifikasi di hp peserta, sehingga peserta dapat merespon cepat.

 


Flyer


Foto Pelaksanaan Bimbingan


Foto Pelaksanaan Bimbingan

Virtual Background

No comments:

Post a Comment